Bulog Surakarta Salurkan Bantuan Beras kepada 642.058 KPM di Soloraya

Bulog Surakarta menyalurkan bantuan beras pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada 642.058 keluarga penerima manfaat (KPM) di Soloraya.

 Gudang Bulog di Banyuwangi masih menyimpan beras impor dari Vietnam sebanyak 3.000 ton. (detik.com)

SOLOPOS.COM - Gudang Bulog di Banyuwangi masih menyimpan beras impor dari Vietnam sebanyak 3.000 ton. (detik.com)

Solopos.com, SOLO—Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Cabang Surakarta menyalurkan bantuan beras pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada 642.058 keluarga penerima manfaat (KPM) di Soloraya atau sebanyak 6.420 ton. Penyaluran bantuan beras untuk KPM sebanyak itu dimulai sejak Minggu (18/7/2021).

Wakil Pemimpin Bulog Surakarta, Nanang Harianto, mengatakan secara keseluruhan Bulog Surakarta menyalurkan bantuan beras sebanyak 6.420 ton untuk 642.058 KPM se-Soloraya.

“Data penerima bantuan atau KPM tersebut dari Kementerian Sosial yang diserahkan melalui Kantor Bulog pusat,” ujar dia, kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Fave Hotel Solo Tawarkan Paket Work From Hotel, Apa Saja Fasilitasnya?

Berkoordinasi dengan Dinsos

Lebih lanjut Nanang menjelaskan total penyaluran bantuan beras khususnya di Solo kepada 82.463 KPM. Ini terdiri dari 16.214 KPM Program Keluarga Harapan (PKH) dan 66.249 KPM Bantuan Sosial Tunai (BST). Jadi, secara keseluruhan untuk Solo bantuan beras yang disalurkan sebanyak 824.630 kilogram (kg).

Selain itu, penyaluran bantuan beras tersebut dilakukan secara serentak seluruh Indonesia sejak Minggu (18/7/2021). Dalam hal ini, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Sosial masing-masih daerah dan kelurahan atau desa setempat. Menurutnya, penyaluran di Solo sempat disidak langsung oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini, pada Senin (19/7/2021).

“Beras yang digunakan untuk bantuan ini merupakan jenis medium dalam kemasan baik 10 kg maupun 5 kg. Ini sesuai dengan permintaan dari Kemensos untuk menyalurkan beras medium cadangan beras pemerintah [CPB]. Bantuan beras ini pun beras pengadaan baru,” papar dia.

Baca Juga: Hotel dan RS di Solo Ini Buka Layanan Isoman, Segini Tarifnya

Sebelumnya, Bulog Surakarta terus melakukan penyerapan gabah hasil panen petani di wilayah Soloraya, dengan realisasi pengadaan telah mencapai 11.700 ton setara beras. Jumlah ini mencapai 24,4% dari target maksimal tahun ini.

Pemimpin Bulog Kantor Cabang Surakarta, Ninik Setyowati, menambahkan stok beras di Gudang Bulog di Soloraya mencapai 17.500 ton. Sedangkan target pengadaan beras sebanyak 48.000 ton pada 2021. Penyerapan gabah atau beras ini sebagaimana tertera pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 24 Tahun 2020 tentang Penetapan Harga Pembelian Pemerintah untuk Gabah atau Beras.

Dalam hal ini, HPP gabah kering panen (GKP) yang telah ditetapkan, yakni di tingkat petani Rp4.200/kg dan di tingkat penggilingan Rp4.250/kg dengan kualitas GKP memiliki kadar air paling tinggi 25% dan kadar hampa/kotoran paling tinggi 10%. Sedangkan untuk harga gabah kering giling (GKG) di tingkat penggilingan Rp 5.250/kg dan GKG di gudang Bulog 5.300/kg dengan kualitas GKG memiliki kadar air paling tinggi 14% dan kadar hampa/kotoran paling tinggi 3%.

Di sisi lain, harga beras di gudang Bulog Rp 8.300/kg dengan kualitas memiliki kadar air paling tinggi 14%, derajat sosoh paling sedikit 95%, butir patah paling tinggi 20%, dan butir menir paling tinggi 2%.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kandungan Emas Blok Wabu Tembus Rp300 Triliun, Grasberg Freeport Kalah

Freeport Indonesia sebelumnya memastikan menarik diri terhadap pengelolaan Blok Wabu di Papua.

Potensi Ekspor Produk Halal Besar, Kendala Mengadang Masih Banyak

Indonesia sangat mampu menjadi eksportir produk-produk berkategori halal ke negara-negara yang penduduk muslimnya juga banyak.

Marak Penipuan Mengatasnamakan Galeri 24, Awas Modusnya Bikin Gampang Tergoda!

Saat ini marak penipuan online yang mengatasnamakan Galeri 24 dan bikin masyarakat tergoda. Kira-kira apa modus yang digunakan?

DSC 12 Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

Diplomat Success Challenge atau DSC 12 punya cara unik untuk menggugah masyarakat untuk terlibat dalam kompetisi tahunan ini.

Jika Bukan Listrik, Bahan Bakar Nabati Bisa Jadi Alternatif untuk Kendaraan Berat

Untuk mencapai emisi rendah karbon di sektor transportasi, bahan bakar nabati (BBN) dan hidrogen dinilai mempunyai peran sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan berat.

Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Ini yang Dilakukan PLN untuk Memudahkan Pelanggan selama Pandemi

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile.

Kian Terjangkau, Tarif Tes Antigen di Stasiun jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menerapkan tarif baru untuk layanan rapid tes antigen di stasiun dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan.

Pebisnis Besar Berebut Kue Lezat Bisnis Pusat Data

Ekosistem digital tengah merebak di Indonesia seiring penetrasi Internet yang semakin meluas sehingga kebutuhan penyimpanan data semakin tinggi. Selama ini data penduduk Indonesia berada di luar negeri sehingga penarikan informasi memakan waktu dan jarak yang jauh.

Kembangkan Potensi Diri, Telkomsel Gelar Webinar untuk Guru dan Pelajar

Telkomsel Area Jawa Bali menggelar webinar bertemakan Asyik Bersama Digital Maksimal dengan Merdeka Belajar.

Perjalanan KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga Lebih Cepat 1 Jam

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan percepatan waktu tempuh pada perjalanan sejumlah KA jarak jauh.

Kabar Baik untuk Army, Kopi Kenangan Hadirkan Merchandise BTS x Built NY

BTS x Built NY Project menggandeng Kopi Kenangan menjadi distributor resmi dan pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sharp Dukung PMI dan Rumah Sakit Terapkan Informasi Berbasis Digital

Sharp menyerahkan bantuan 13 LED TV 42 inch kepada PMI Kota Solo di Markas PMI untuk menampilkan informasi stok darah dalam waktu nyata.

Kunjungi Solo, Menko Airlangga Beri Dukungan untuk UMKM Rumahan

Menko Airlangga Hartarto mengunjungi salah satu kelompok pemberdayaan masyarakat yakni UMKM Usaha di Kota Solo untuk program dukungan UMKM.

Solopos Virtual Talkshow: Siap dengan Perubahan, Tiki Kian Banyak Beri Layanan Digital

Tiki juga memberikan layanan jemput online (Jempol), di mana Tiki akan menjemput barang ke rumah dan kemudian mengantarkannya ke tempat tujuan.