SOLOPOS.COM - Penyaluran komoditas beras sebagai bantuan pangan oleh Perum Bulog Solo di area Soloraya pada Maret hingga Mei 2023. (Istimewa/Perum Bulog Solo).

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 16.962 ton beras disalurkan oleh Perum Bulog Kantor Cabang Solo untuk masing-masing 565.420 KPM setiap bulan di Soloraya mulai Maret hingga Mei 2023.

Hal tersebut sebagai upaya penyaluran cadangan pangan pemerintah melalui Program Bantuan Pangan Tahun 2023 di area Soloraya. Hal ini sesuai dengan tiga alokasi yang diamanatkan Badan Pangan Nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perum Bulog Kantor Solo melakukan penyaluran bantuan pangan pada satu kota dan enam kabupaten di wilayah Soloraya meliputi Solo, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten, Wonogiri dan Sragen.

Pemimpin Cabang Perum Bulog Solo, Andy Nugroho menjelaskan untuk wilayah Soloraya total Bantuan yang disalurkan selama tiga alokasi sebanyak 16.962 ton beras untuk masing-masing 565.420 KPM tiap bulannya.

Penyaluran bantuan pangan disalurkan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah dikoordinasikan dengan dinas ketahanan pangan dan pertanian masing-masing kota/kabupaten mulai Maret hingga Mei 2023.

“Alhamdulillah, sebanyak tiga alokasi bantuan pangan yang diamanatkan Badan Pangan Nasional kepada Perum BULOG [Solo] telah kami rampungkan. Tentu saja atas koordinasi dan kerjasama yang baik antara Perum BULOG dengan pemerintah kota/kabupaten di Soloraya melalui Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Sosial, [sehingga] penyaluran bantuan pangan komoditi beras ini dapat berjalan dengan lancar” kata Andy dalam rilis yang diterima Solopos.com pada Kamis (1/6/2023).

Selain itu Andy menjelaskan untuk pemenuhan komoditi bantuan pangan dan upaya dalam pemenuhan stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP), pihaknya melakukan penyerapan gabah atau beras dalam negeri di wilayah Soloraya.

Sampai saat ini Andy mengklaim pihaknya telah melakukan penyerapan gabah atau beras dari para petani lokal dengan skema komersil maupun CBP kurang lebih 23 ribu ton.

“Selain melakukan penyaluran bantuan pangan, Perum BULOG Solo juga tengah berkoordinasi terkait keberlanjutan pelaksanaan Operasi Pasar yang melibatkan pemerintah daerah dalam program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan [SPHP]. Mulai dari akhir Januari 2023 Bulog Solo telah melaksanakan kegiatan operasi pasar atu pasar murah lebih dari 140 titik di area Soloraya,” ujar Andy.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Solo, Eko Nugroho Isbandijarso menyampaikan sebanyak 45.920 KPM warga Solo telah selesai dropping penyalurkan bantuan pangan beras tiga tahap dari April hingga Juni 2023.

Penyaluran tersebut selesai pada Rabu (31/5/2023) dan berjalan dengan lancar. Eko berharap bantuan beras tersebut dapat meringankan masyarakat Kota Solo dalam memenuhi kebutuhan pangan pokoknya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya