SOLOPOS.COM - Pekerja menata kardus berisi daging kerbau impor yang tiba di Terminal Mustika Alam Lestari, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/4/2022). (Antara/M Risyal Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA–Dagung impor dari India yang dilakukan Perum Bulog dipastikan bebas penyakit mulut dan kuku (PMK).

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) mengatakan daging kerbau beku tersebut sesudah sampai di Indonesia tidak bisa langsung dijual karena ada pemeriksaan laboratorium dari pihak Kementerian Pertanian.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Itu kita kan yang periksa oleh Kementan, bukan Bulog. Jadi diperiksa betul baru bisa diedarkan,” ujar Buwas dalam konferensi pers di Kantor Bulog, Jakarta Selatan, Selasa (10/5/2022).

Buwas mengatakan Bulog juga bekerja sama dengan perusahaan ternama dari India yang menyuplai daging kerbau untuk Bulog. Karena itu, dipastikan daging yang diterima Bulog sudah melalui proses ketat.

Baca Juga:

“Kalau impor daging kerbau India oleh Bulog harus disetop, apa alasan untuk setop? sementara kebutuhan daging [impor] masih diperlukan, karena itu kita harus jamin kualitas ini betul-betul baik,” ujarnya.

Buwas menjelaskan pihaknya optimistis pemerintah akan menangani masalah wabah PMK dengan cepat sehingga jangkauan wilayah penyebarannya bisa dihentikan.

“Ini akan menjadi urusan Kementerian Pertanian juga Kementerian Perdagangan, kita akan lihat dampak dari wabah ini. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir,” kata Buwas.

Seperti diketahui, Indonesia selama ini sudah terbebas dari PMK, tapi beberapa waktu terakhir ditemukan ternak yang terjangkit PMK di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Baca Juga:

Sebelumnya, Holding BUMN Pangan atau ID Food pun melakukan berbagai upaya pencegahan agar hewan ternak di peternakan yang dikelola aman dan bebas dari wabah.

“Sesuai arahan pemerintah untuk melakukan pencegahan, pengawasan dan pengendalian untuk memberikan proteksi kepada hewan ternak,” ujar Direktur Utama ID Food, Frans Marganda Tambunan dalam siaran persnya, Minggu (8/5/2022).

Mengenai upaya ini, kata Frans, pihaknya terus lakukan pengawasan dan monitoring serta sosialisasi pencegahan kepada seluruh mitra ID Food Group, termasuk kepada asosiasi pedagang dan mitra peternak.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Bulog Jamin Daging Kerbau Impor dari India Bebas Penyakit Mulut dan Kuku

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya