SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MAGELANG — Persediaan beberapa jenis kebutuhan pokok di Bulog Subdivre Kedu mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran 2019.

Kepala Bulog Subdivre Kedu Nani Yulianti di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (16/5/2019), menyebutkan stok beras yang tersebar di gudang Wonosobo, Temanggung, Magelang, Purworejo, dan Kebumen mencapai 7.500 ton. Selain beras, Bulog Kedu juga memiliki stok daging kerbau satu ton yang nantinya akan terus ditambah, gula pasir sebanyak 100 ton dan rencananya juga akan ditambah menjadi 200 ton, dan minyak goreng 10.000 liter.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menuturkan khusus untuk beras, Bulog ada program ketersediaan pasokan dan stabilitas harga (KPSH). “Untuk KPSH kami siap untuk beras medium Rp8.100/kg. Setiap gudang kabupaten siap melayani kalau memang ada permintaan, cuma karena sekarang habis panen jadi permintaan menurun,” katanya.

Ia menuturkan Bulog Kedu terus melakukan penyerapan beras petani dan sampai sekarang sudah mencapai 3.500 ton di seluruh gudang. Ia menyampaikan untuk penyerapan beras jenis medium, sebenarnya sekarang ini sepi karena habis panen pada bulan Maret-April 2019.

“Namun, sekarang kami masih melakukan penyerapan karena di wilayah Kebumen itu cenderung waktu panen orang menyimpan gabah, dan sekarang mungkin mau Lebaran dan anak masuk sekolah jadi mereka melakukan penjualan dan kami melakukan penyerapan,” katanya.

Ia menyebutkan harga pengadaan Rp8.030 per kilogram, sedangkan berdasarkan Inpresnya Rp7.300/kg, namun ada fleksibilitas harga 10 persen.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya