Tutup Iklan

Bulog Jateng Gandeng Pertamina di Rumah Pangan Kita

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Perum Bulog Divre Jawa Tengah menggandeng PT Pertamina MOR IV Jateng-DIY dalam pengembangan jaringan Rumah Pangan Kita melalui outlet LPG nonsubsidi. Untuk selanjutnya masyarakat dijamin mudah menemukan elpiji di RPK.

Bulog dan Pertamina bersepakat untuk menggalang kerja sama pelayanan masyarakat dengan memanfaatkan kemampuan masing-masing pihak dalam melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan bidang usaha. Pimpinan Wilayah Bulog Divre Jateng, Taufan Akib, mengatakan sinergi ini merupakan upaya bersama untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan.

Hal tersebut, katanya, didasarkan asas saling membantu, saling mendukung, dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan serta peraturan internal masing-masing. “Melalui RPK nanti, selain komoditas pangan Bulog juga akan menjual gas NPSO Pertamina. Begitu pun sebaliknya, agen gas NPSO Pertamina bisa menjual produk komoditas Bulog,” katanya, disela Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Pengembangan RPK melalui outlet LPG nonsubsidi di Kantor Hiswanamigas Jateng, Jumat (16/8/2019).

Seperti diketahui, RPK merupakan program kerja sama Bulog dengan masyarakat dalam melakukan pemasaran produk Bulog. RPK dibentuk dalam rangka menstabilkan harga pangan dan mengembangkan distribusi produk BULOG.

Taufan menambahkan saat ini di Jawa Tengah terdapat 11.890 outlet RPK. Jumlah tersebut terus bertambah, dan ditargetkan mampu menembus 14.500 outlet RPK hingga akhir tahun ini.

“Melalui kerjasama dengan Pertamina ini, seluruh RPK binaan Bulog selanjutnya dapat menjual produk komersial Pertamina, utamanya tabung gas LPG non subsidi. Begitupun sebaliknya, agen dan outlet LPG Pertamina akan menjual produk Bulog. Tentu ada syaratnya juga,” tambahnya.

Menurut Taufan, kriteria Sahabat RPK yang ingin bergabung menjadi outlet LPG harus memenuhi syarat aktif sebagai Sahabat RPK dan rutin melakukan repeat order minimal dalam tiga bulan terakhir. Selain itu, Sahapat RPK juga wajib memiliki toko/outlet untuk mendisplai gas LPG nonsubsidi.

“Syarat lainnya, selama bergabung menjadi Sahabat RPK tidak pernah melakukan wanprestasi, dan selanjutnya direkomendasikan secara tertulis oleh Perum Bulog Subdivre setempat,” ungkapnya.

Untuk kriteria outlet LPG Pertamina yang ingin bergabung menjadi Sahabat RPK, lanjut Taufan, juga harus aktif sebagai outlet LPG dan rutin melakukan repeat order. Outlet tersebut harus memiliki tempat untuk mendisplai produk komersial Perum Bulog.

“Selama bergabung menjadi outlet LPG tidak pernah melakukan wanprestasi, dan mendapatkan rekomendasi secara tertulis oleh Agen LPG yang ditunjuk oleh Pertamina,” ujarnya.

Terkait dengan harga produk yang diberikan Bulog kepada outlet LPG adalah harga yang ditetapkan Perum Bulog di kantor pusat dan disampaikan melalui Kantor Wilayah Bulog Divre Jateng, dan diteruskan kepada kantor cabang (subdivre)  Bulog yang kemudian di-update secara berkala atau insidentil sesuai kebutuhan. “Harga yang diberikan Pertamina melalui Agen LPG kepada Sahabat RPK adalah sesuai dengan SK yang berlaku,” ujarnya. 

Sementara itu, General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian mengatakan hal ini sesuai dengan semangat sinergi BUMN yang telah dicanangkan oleh Kementerian BUMN.  “Nantinya, Pertamina akan mendukung program RPK tersebut dengan bantuan program kemitraan serta penjualan LPG NPSO di RPK,” ujarnya.

Di sisi lain lanut dia, Bulog akan mendukung outlet LPG Non PSO milik Pertamina dengan mempromosikan produk LPG NPSO serta produk bulog lainnya yang akan dijual di pangkalan LPG milik Pertamina. Dia menambahkan, saat ini ada lebih dari 39.000 outlet LPG dan 11.000 RPK tersebar di seluruh Jawa Tengah.

Menurutnya, dengan potensi yang cukup besar, Pertamina dan Bulog yakin bahwa sinergi ini akan memudahkan masyarakat mendapatkan akses dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Bukan hanya pemenuhan kebutuhan LPG namun juga keperluan sehari-hari dari produk Bulog yang dijual di RPK dan outlet LPG.

“Ke depan, sesuai semangat sinergi BUMN tersebut diharapkan memiliki dampak ekonomi yang cukup signifikan terutama dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat dan stabilisator harga baik dari produk pangan dan produk gas. Sehingga bisa memberikan semangat dan awareness kepada masyarakat untuk bisa beralih ke barang nonsubsidi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

29 Motor yang Disita Polisi Karanganyar Bisa Diambil, Ini Syaratnya!

Ada 29 sepeda motor yang tidak sesuai dengan spesifikasinya seperti tidak menggunakan spion, plat nomor dan menggunakan knalpot brong yang diamankan.

Edyaan! Pemuda Ini Siram Pacarnya Pakai Air Keras sampai Meninggal

Kisah tragis dialami seorang remaja asal Medan, Sumatra Utara, yang meninggal akibat disiram pacarnya dengan air keras.

Terganjal Kartu Vaksin, 10 Bus Pariwisata Gagal Masuk Yogyakarta

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta memutar balik sebanyak 10 bus pariwisata dari luar daerah karena tidak lolos uji coba pemeriksaan kartu vaksin.

Tampilan dan Fungsi Voice Note WhatsApp Bakal Berubah

Tampilan dan fungsi voice note WhatsApp bakal berubah, membuat pengguna bisa putar dulu baru kirim dan hindari salah kirim.

Terungkap! Pabrik Pil Koplo di Yogya Sudah Beroperasi Sejak 2018

Aparat polisi menggerebek dua pabrik pembuatan obat-obatan psikotropika atau pil koplo yang telah beroperasi sejak 2018 di wilayah Yogyakarta.

3 Gedung Pemkab Karanganyar Ini Anti Oglangan, Kok Bisa?

Pelayanan listrik premium ini dinilai sangat dibutuhkan karena kelancaran pelayanan digital tergantung suplai energi listrik.

Beda Gejala Sesak Napas Covid-19 dan Asma, Wajib Tahu!

Tips kesehatan kali ini membahas tentang perbedaan gejala sesak napas akibat Covid-19 dengan asma.

Aksi Tolak Pemecatan 56 Pegawai KPK, Mahasiswa dan Polisi Saling Dorong

Pegawai KPK gagal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Eky Taufik Dedikasikan Gol untuk Suporter Persis Solo

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan pada Minggu (29/9/2021) malam.

Bukti Persahabatan Jennie Blackpink dan Jung Ho Yeon Bintang Squid Game

Namun sebetulnya bukti persahabatan Jennie Blackpink dan Jung Ho Yeon sangat banyak.

Outlet Galeri 24 Kini Sudah Ada Ratusan, Cek Daftarnya di Sini!

Di bawah ini terdapat daftar lengkap outlet tempat investasi emas, Galeri 24 yang telah mencapai 105 cabang.

Ampuhkah Masker Kain Adang Varian Delta? Begini Penjelasan Pakar

Standar utama masker medis adalah N95, namun masih banyak masyarakat memakai masker kain untuk adang penularan varian Delta.

2 Pabrik Pil Koplo di Yogya Digerebek, Produksi 2 Juta Pil Per Hari

Aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran pil koplo di Yogyakarta, di mana terdapat dua pabrik yang memproduksi dengan kapasitas 2 juta pil per hari.

Sebelum Membakar, Pria Sragen Hantam Kaca Mobil Tetangga Pakai Cangkul

Rangkaian peristiwa sebelumnya, tersangka sakit hati karena pernah dipinjami kendaraan bermotor rusak sehingga hal itu dianggap tersangka sebagai penghinaan.

5 Pasar Tradisional di Sragen Terbakar dalam 10 Tahun, Ini Daftarnya!

Para pedagang dan pengelola pasar lainnya diimbau berhati-hati agar tidak terjadi musibah serupa. Empat kejadian kebakaran lainnya terjadi di tiga pasar dengan penyebabnya korsleting.