Buku Mencurigakan Berisi Rakitan Elektronik Ditemukan Pemulung di Wonogiri, Bom?
Foto buku mencurigakan yang berisi rakitan elektronik. Buku ditemukan oleh seorang pemulung di Dusun Tukluk RT 003/RW 006, Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo Kab. Wonogiri, Senin (10/8/2020). (Istimewa)

Solopos.com,WONOGIRI — Sebuah buku mencurigakan ditemukan seorang pemulung di Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, Senin (10/8/2020). Buku itu berisi rakitan elektronik.

Buku seberat sekitar 1 kilogram tersebut dicurigai warga sebagai bom. Buku itu ditemukan di Dusun Tukluk RT 003/RW 006, Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri.

Penemuan buku mencurigakan tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Sejati, Soemarso, saat dikonfirmasi Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (11/8/2020). “Saya mendapat laporan dari warga terkait penemuan itu. Barang ditemukan di samping rumah salah satu warga kami,” kata dia.

Perjalanan Kasus Runtuhnya Bisnis Investasi Semut Rangrang di Sragen

Ia mengaku belum mengetahui wujud asli dari buku mencurigakan tersebut. Ia hanya tahu benda tersebut lewat foto atau gambar yang ditunjukkan kepada dirinya dari salah satu warganya.

Saat dirinya ditunjukkan gambar tersebut, menurut dia, benda itu sudah ada di Desa Balepanjang, Kecamatan Baturetno. Karena menurut informasi, barang tersebut ditemukan oleh pemulung. Jadi, dia tidak bisa mengecek secara langsung. “Kalau dari foto yang ditunjukkan ke kami, benda tersebut berupa buku. Namun isi di dalamnya tidak tahu,” ungkap dia.

Pendaki Asal Laweyan Solo Terpeleset di Gunung Sindoro Dini Hari, Begini Kondisinya

Buku Ditemukan di Pekarangan Rumah

Dia menambahkan berdasarkan informasi terakhir, penemuan tersebut sudah ditangani Polsek Baturetno. “Tidak ada yang tahu benda tersebut berasal. Apakah sengaja dibuang di lokasi tersebut atau benda milik penghuni rumah yang ada di dekat lokasi kejadian belum dapat dipastikan,” kata Soemarso.

Penemu benda mencurigakan berupa buku tersebut adalah seorang pemulung, Mugiono, 50. Dia merupakan warga Dusun Ngledok RT 003/RW 002 Desa Balepanjang Kecamatan Baturetno, Wonogiri.

Mugiono kepada Solopos.com mengatakan barang tersebut dia dapatkan ketika keliling mencari barang bekas atau rosok di wilayah Dusun Tulkluk, Desa Sejati, Senin pukul 08.30 WIB.

Solopos Hari Ini: Akhir Janji Surga Bos Rangrang

Ia menemukan benda itu di pekarangan rumah warga, tepatnya di sebelah timur rumah. Di samping buku juga berserakan sampah. “Lihat buku kemudian saya ambil. Kan laku kalau dijual.

Karena tidak tahu, barang saya bawa keliling menggunakan beronjong dengan sepeda motor,” kata dia saat ditemui Solopos.com di rumahnya, Selasa.

Setelah sampai di rumahnya, sekitar pukul 11.30 WIB, ia kemudian membongkar barang bekas hasil ia memulung. Ketika membuka buku yang menyerupai kamus, ia terkejut karena di dalamnya ada semacam piringan kaca, beberapa kabel, magnet, dan beberapa benda rangkain elektronik yang tidak ia ketahui namanya. Kini buku tersebut diamankan Polsek Baturetno, Wonogiri.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom