BUKU KONTROVERSIAL : Bicara Gamblang Hubungan Intim, “Saatnya Aku Belajar Pacaran” Diusut Polisi

 Pasar Cinderamata, Alun-alun utara Solo,

SOLOPOS.COM - Pasar Cinderamata, Alun-alun utara Solo,

Buku kontroversial yang membicarakan hubungan intim berjudul Saatnya Aku Belajar Pacaran karya Toge Aprilianto sampai ke ranah hukum.

Solopos.com, SOLO — Buku kontroversial Saatnya Aku Belajar Pacaran akhirnya mendapat tanggapan dari pihak kepolisian. Setelah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memerintahkan penarikan buku itu, polisi pun menyambangi rumah penulis, Toge Aprilianto, di Surabaya.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Pantauan TV One, Kamis (5/2/2015), polisi memang sudah menanggapi kasus itu. Buku Saatnya Aku Belajar Pacaran dinilai memuat konten tidak baik untuk remaja. Pasalnya, buku tersebut mengulas tentang hubungan intim dengan bahasa lugas.

Bahkan, dalam buku Saatnya Aku Belajar Pacaran tersebut terdapat satu tulisan Toge Apilianto yang mengarahkan pembacanya—dalam hal ini remaja—untuk tidak menolak ketika diajak berhubungan intim dengan pasangan [pacar], selama hal itu dilakukan dengan landasan suka sama suka.

Melalui akun pertemanan Facebook, Rabu (4/2/2015), Toge Aprilianto menulis permohonan maafnya pada masyarakat. “Bersama dengan ini, saya, toge aprilianto, sepenuh hati memohon maaf kepada Masyarakat Indonesia, atas kelalaian saya membuat buku saatnya aku belajar pacaran, yang sebagian isinya ternyata melanggar nilai-nilai agama,” tulis Toge.

Dalam tulisan itu, Toge Aprilianto yang mengaku sebagai motivator tersebut juga menyatakan tidak akan menjual lagi buku Saatnya Aku Belajar Pacaran. “Untuk itu, lewat media ini saya menyatakan bahwa mulai saat ini tidak akan lagi menjual buku itu, dan saya bersedia mengembalikan uang pembelian buku itu, bila ada teman yang telanjur beli dan ingin mengembalikan buku itu kepada saya,” tulis Toge.

Pantauan Solopos.com di dunia maya masih tersedia link untuk mengunduh versi e-book buku Saatnya Aku Belajar Pacaran. Namun di beberapa situs penjualan e-book resmi, judul buku tersebut sudah dihapus.

Di situs www.goodreads.com, buku yang diterbitkan sejak 2010 ini sebenarnya tidak terlalu populer. Buku ini mendapatkan rating 2,5 (dari 5) dan mendapatkan komentar beragam.

“Di saat hampir seluruh pihak menentang seks bebas, Toge Aprilianto mengajarkan remaja dan anak muda untuk melakukan seks bebas,” tulis Eki Sidik di kolom community reviews situs tersebut, Selasa (3/2/2015).

Namun ada pula yang menanggapi positif buku ini. “Dengan bahasa yang mudah dipahami penulis benar-benar mengajak pembaca untuk tidak hanya mengandalkan perasaan namun juga logika dalam menjalan hubungan. Tampa tabu juga penulis menjelaskan akibat hubungan intim dalam berpacaran dan bagaimana kita menolaknya,” tulis Christina di forum yang sama tertanggal 9 April 2014.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya

+ PLUS Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya

Kecamatan Paranggupito menjadi satu-satunya wilayah di Wonogiri, Soloraya, dan Jawa Tengah yang memiliki keunikan pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa, dimana pernah ditemukan jejak pembuatan garam rumahan.

Berita Terkini

Gulung Porda Sleman 6-0, Persis Women Tak Lagi Main Asal-Asalan

Persis Women Solo berhasil meraih hasil positif dalam laga uji coba perdana mereka. Persis Women mencukur tim Porda Sleman enam gol tanpa balas.

Hadapi Ganda China di Final Malaysia Open, Apri/Fadia Siap Lakukan Ini

Apri/Fadia unggul 1-0 head to head dengan Zhang Shu Xian/Zheng Yu, dalam pertemuan perdana yang tercipta di babak 16 besar Indonesia Open 2022 dengan rubber game 21-16, 16-21, 21-18.

Jangan Tertipu yang Palsu, Kenali Ciri Aplikasi MyPertamina Asli

PT Pertamina Patra Niaga memberikan peringatan kepada para penggunanya untuk berhati-hati dengan aplikasi tidak resmi MyPertamina alias palsu. 

Sejarah Hari Ini: 2 Juli 1945 Amerika Serikat Bombardir Jepang

Beragam peristiwa bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 2 Juli.

Anak Tak Lolos PPDB, Ortu Minta Kelas Virtual Pasar Kliwon Ditambah

Warga Pasar Kliwon, Kota Solo, meminta kuota rombongan belajar (rombel) kelas virtual ditambah agar bisa menampung lebih banyak siswa asal kecamatan itu yang tak lolos PPDB SMAN 2022.

Malaysia Open 2022, Apri/Fadia Kian Dekati Gelar Perdana BWF World Tour

Kejutan Apri/Fadia di Malaysia Open 2022 belum berhenti setelah berhasil lolos ke babak final.

BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur Raih Marketeers OMNI Brand of the Year

BRI terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya untuk mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas dan kualitas produk UMKM ke pasar internasional.

Polisi Ringkus Perempuan Perampas Motor Ojek Online di Semarang

Aparat Polrestabes Semarang dikabarkan telah meringkus perempuan yang melakukan penganiayaan dan perampasan sepeda motor pengemudi ojek online.

Calhaj Asal Solo Mulai Diberangkatkan ke Jeddah

Jemaah calon haji (calhaj) asal Kota Solo sudah mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Calhaj asal Kota Solo dibagi menjadi dua kelompok terbang atau kloter, yaitu 41 dan 42.

Piala AFF U-19 2022, Peluang Pemain Persis Solo Tampil Malam Ini

Sebanyak empat pemain muda Persis Solo masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022.

Musim Kemarau Datang, Lakukan Ini Pada Mobil Anda

Memasuki musim kemarau Anda harus memperhatikan beberapa hal untuk mobil Anda agar tidak terdampak suhu panas.

Penjualan Meningkat, Peternak Sukoharjo Malah Curhat Kurang Modal

Di tengah meningkatnya penjualan ternak untuk kurban di Kabupaten Sukoharjo, peternak justru curhat butuh modal.

Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya

Kecamatan Paranggupito menjadi satu-satunya wilayah di Wonogiri, Soloraya, dan Jawa Tengah yang memiliki keunikan pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa, dimana pernah ditemukan jejak pembuatan garam rumahan.

Mantap! Temanggung Surplus Cabai hingga Agustus 2022

Produksi cabai di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), mengalami surplus hingga bulan Agustus 2022 nanti.

Youtube Keluarkan Tiga Aturan Baru, Cegah Penipuan

Youtube mengeluarkan tiga aturan baru sebagai solusi dalam menghadapi akun-akun penyamar yang bisa digunakan untuk penipuan.