SOLOPOS.COM - Jokowi. Gubernur DKI Jakarta (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO — Kepopuleran nama Jokowi tak diragukan lagi. Buku Jokowi, Sabtu (30/11/2013) malam diluncurkan di Ngarsopuro Solo. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), dalam sehari dicari oleh 1,6 juta orang di internet.

Fakta tersebut terungkap saat peluncuran buku Mozaik Kepemimpinan Jokowi Dari Sudut Pandang Rakyat, di halaman Pasar Triwindu, kawasan Ngarsopuro, Solo, Sabtu (30/11) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu narasumber dalam peluncuran buku, Eko Sulistyo, yang juga staf ahli Jokowi, mengatakan dalam sehari, setidaknya ada 1,6 juta orang mengetikkan nama Jokowi di laman pencarian Google. “Foto Jokowi saat mengecek sungai di Jakarta saja banyak orang yang melihat, padahal tidak ada beritanya. Jadi setiap hari banyak orang yang masih penasaran dengan kegiatan Jokowi,” ujar Eko di malam peluncuran buku.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan, Jokowi juga sering memantau berita soal dirinya di media sosial. Bahkan saat di mobil, imbuh Eko, ada sejumlah gadget untuk mengunduh media sosial.

Eko menambahkan, di Jakarta, Jokowi memang ingin ada semacam revolusi media, di mana internet sebagai salah satu media untuk menyelesaikan masalah. “Masyarakat bisa berpartisipasi memberikan kritikan, saran dan masukan secara bebas melalui internet,” kata dia.

Kemunculan Jokowi di Jakarta, ungkapnya, sangat mengubah konstelasi orientasi politik di Jakarta dengan gaya blusukannya. Selain itu, Jokowi juga ingin mengubah pola birokrasi yang dulu masih tertutup menjadi terbuka. Semua lurah diminta untuk melaporkan kegiatannya secara digital. Jokowi memantau laporan itu melalui gadget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya