SOLOPOS.COM - Wisatawan berjalan-jalan di objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Bayat, Klaten, Rabu (17/4/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, KLATEN — Pemkab Klaten berencana menambah fasilitas kolam renang khusus anak untuk melengkapi daya tarik destinasi wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Bayat. Penambahan fasilitas itu bertujuan agar semakin menarik wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata atau Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho, mengatakan rencana penambahan fasilitas kolam renang itu akan direalisasikan tahun ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia mengatakan Pemkab Klaten menganggarkan Rp1,2 miliar dari APBD 2024 untuk pembangunan kolam renang tersebut. Kedalaman kolam direncanakan sekitar 70 cm dan letaknya di bagian bawah.

“Kami harus mengelola dengan inovasi baru agar wisata alam juga semakin diminati. Mungkin juga kami akan mengembangkan dengan menambah flora dan fauna. Cuma nanti bertahap, sementara kolam renang dulu,” kata dia ketika ditemui wartawan di Bukit Sidoguro, Rabu (17/4/2024).

Dia mengatakan dengan adanya wahana baru tersebut diharapkan bisa menarik wisatawan untuk mengunjungi objek wisata dekat Rawa Jombor itu.

Telebih, menurutnya, saat ini kunjungan wisata alam di Klaten seperti Bukit Sidoguro cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan wisata air. “Makanya saya kembangkan dengan kolam renang khusus anak-anak,” kata dia.

Catatan Solopos.com, kawasan objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Bayat, Klaten, belum lama diresmikan yakni pada 2019 lalu. Objek wisata yang berada di puncak perbukitan tersebut diresmikan seiring rampungnya proyek penataan lanskap.

Proyek yang didanai melalui dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp2,8 miliar di puncak bukit itu dilengkapi sejumlah spot selfie serta taman. Pada puncak bukit ada empat pohon buatan dengan panorama rawa, sawah, serta deretan perbukitan.

Penataan lanskap dilakukan pada 7 Februari 2019 dan selesai pada 7 Desember 2019. Sebelum penataan, kawasan puncak bukit itu tak terurus dan ditumbuhi rerumputan. Akses menuju puncak berupa jalan setapak melalui bebatuan kapur.

Saat ini harga tiket objek wisata Bukit Sidoguro untuk kunjungan pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB dibanderol Rp10.000/orang. Sedangkan pada pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB, para pengunjung cukup membayar Rp5.000/orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya