Kategori: Viral

Bukannya Digebuki, Maling Masjid Ini Malah Disuruh Bikin Tutorial Bobol Kotak Amal


Solopos.com/Indah Pranataning Tyas

Solopos.com, SOLO — Seorang maling kotak amal di masjid Kota Palembang sedang viral di media sosial. Pasalnya maling kotak amal tersebut, oleh warga justru diperlakukan berbeda. Jika maling yang ketahuan mencuri di sebuah tempat akan berakhir tragis, warga Ilir Barat malah menyuruh orang yang ketahuan maling itu untuk membuat tutorial mencuri kotak amal tersebut.

Momen unik ini dibagikan oleh akun Instagram @manaberita pada Jumat (6/11/2020). Dalam video tersebut, tampak seorang remaja yang dikelilingi warga. Menurut keterangan video tersebut, kejadian ini terjadi di masjid Puncak Sekuning, Kecataman Ilir Barat 1, Kota Palembang.

Ngerap Kisah Si Burik dan Si Jelita, Wanita Ini Viral di Tiktok

Reka Adegan Maling di Masjid

Dalam video tersebut, terlihat beberapa lembar uang yang berceceran di hadapannya. Uang itu diduga diambil pelaku dari kotak amal masjid tersebut. Namun, respon warga justru tidak terduga. Mereka berkerumun, namun tidak main hakim sendiri.

Salah seorang warga dengan sangat telaten menasihati maling tersebut, dan juga meminta maling itu untuk menunjukkan bagaimana cara ia membobol kotak amal tersebut.

“Coba praktikkan dulu cara ambil duit di kotak amal tadi. Terus dicongkel ya? Hati-hati masjid modus pura-pura salat pakai baju ngaji, kopiah,” kata perekam tersebut.

Pelaku tersebut mencokel kotak amal itu menggunakan sebilah besi panjang dan kecil, dengan alat bantu penerangan berupa senter. Para jamaah juga mengatakan maling tersebut beruntung, karena tidak dikroyok oleh warga setempat.

“Kalau warga sana, kau udah bonyok. Kita bawa ke polsek ya atau kita gebuki?” kata salah satu warga, “Jangan lah, ya kasihan,” sahut warga lainnya.

Dalam keterangan video tersebut, remaja ini ketauan karena ada seorang gojek yang akan ke masjid. Para warga juga terus menasihati maling itu, agar tidak lagi melakukan perbuatan hal tidak terpuji tersebut.

Terlihat jamaah tersebut juga memberikan minuman botol kepada pelaku. Di sisi lain, maling kotak amal ini tampak meminum air yang diberi oleh warga dengan ketakutan.

Gegara TikTok, Suami Siram Istri Diduga Dengan Air Keras

Postingan Instagram

Video Asusila Mirip Artis Gisella Anastasia Viral, Ini Kata Polisi…

Komentar Netizen

Setelah video tersebut viral, video ini menuai pro dan kontra dari netizen. Banyak dari netizen menyayangkan video tersebut, karena dikhawatirkan bisa ditiru oleh masyarakat.

Di viralkan itu juga bukan cara yg bijak dan dewasa..” tulis akun Instagram armadwipa_nasa.

Yang kek gini gasah di post, yg ada di contoh ntar cara nya sm orang yg niat nyuri juga,” kata akun Instagram @elaroza28.

Namun banyak dari netizen yang salut dengan sikap warga yang tidak main hakim sendiri tersebut.

Setuju dg sikap warga yg bijak.tdk main hakim sndr.. dia jg manusia ada faktor knp dia smpai melakukan itu.mgkn dia smpai tdk bs makan atau ada desakan dr keluarga....hanya cara dia yg salah mencari uangnya,” tulis akun Instagram @sade_garden2020.

Dah tertngkap nyuri, tapi masih bsa minum dengan santuy,” kata akun Instagram @xeniezt.

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf