Bukan Pertalite, Ini BBM Paling Laris di Tol Trans Jawa Selama Libur Natal
Ilustrasi pengisian mandiri bahan bakar minyak nonsubsidi jenis Pertamax. (Abdullah Azzam/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO -- Konsumsi bahan bakar minyak atau BBM di Tol Trans Jawa meningkat tajam selama libur Natal 2020. Bukan BBM jenis Pertalite yang paling digemari pengguna tol, melainkan dua BBM yang harganya terbilang lebih tinggi, yakni Pertamax dan Pertamax Turbo.

Pertamina mencatat kenaikan konsumsi BBM di sepanjang Tol Trans Jawa mencapai hingga 400%. Kenaikan paling tinggi pada konsumsi BBM jenis gasoline, yakni Pertamax Turbo dan Pertamax.

Pejabat sementara (Pjs) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Marthia Mulia Asri, mengatakan kenaikan tertinggi konsumsi BBM terjadi pada 23-25 Desember 2020, yakni mencapai 636 kiloliter (KL) per hari.

Larang Adakan Kegiatan Malam Tahun Baru, Alun-Alun Wonogiri Dijaga Petugas

Konsumsi tertinggi terdapat di dua SPBU rest area tol arah Surabaya pada KM 379 A dan KM 429 A.

“Konsumsi BBM di SPBU KM 379 A mencapai 192 KL per hari. Angka tersebut meningkat lebih dari dari 400% dari angka di awal Desember hanya 40 KL per hari. Peningkatan yang sama juga terjadi di KM 429 A, dari semula 50 KL per hari menjadi 212 KL per hari atau lebih 400%,” kata dia kepada wartawan, Selasa (29/12/2020).

Marthia menjelaskan peningkatan konsumsi BBM di tol Trans Jawa yang tertinggi adalah produk Pertamax Turbo dan Pertamax.

Kelola Lima Lapangan, Pemkot Solo Berjanji Profesional

Konsumsi Pertamax Turbo Naik 80%

Konsumsi Pertamax Turbo meningkat hingga 80%. Sebelumnya pada November konsumsi BBM jenis ini hanya berkisar 9 KL per hari, kali ini mencapai 16 KL per hari.

Sementara, peningkatan konsumsi Pertamax mencapai 51% dari konsumsi yang mencapai 44 KL per hari menjadi 67 per hari.

Menurutnya, masyarakat khususnya pengguna Tol Trans Jawa mulai sadar akan produk BBM yang berkualitas dan sesuai untuk mesin kendaraan dengan teknologi saat ini, yakni RON 98 untuk Pertamax Turbo dan RON 92 untuk Pertamax.

9.080 Kasus Kriminalitas Terjadi di Jateng pada 2020

Selain itu, peningkatan konsumsi Pertamax Series juga diikuti dengan peningkatan konsumsi BBM berkualitas jenis gasoil, yakni Pertamina Dex dan Dexlite.

Pertamina Dex meningkat 119% dari semula 12 KL per hari menjadi 27 KL per hari. Sementara Dexlite meningkat sebesar 71% dari 6 KL per hari menjadi 11 KL per hari.

“Tidak hanya meningkatkan performa mesin kendaraan, pemilihan Pertamax Series dan Dex Series juga memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan karena kadar gas buang emisi yang dihasilkan lebih sedikit,” imbuh dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom