Bukan Pemanggil Setan, Ini Makna Lagu Lingsir Wengi
Ilustrasi rumah angker. (Okezone)

Solopos.com, SOLO -- Lagu Lingsir Wengi memang kental dengan nuansa horor yang membuat bulu kuduk jadi merinding. Bagi pecinta film horror tentu tidak asing lagi dengan lagu ini, bukan?

Menurut cerita yang berkembang, lagu Lingsir Wengi konon bukan sekadar nyanyian. Melainkan sebuah mantra untuk memanggil makhluk halus, khususnya kuntilanak. Tidak heran jika kemudian orang-orang yang tidak paham bahasa Jawa pun menangkap kesan mistis pada lagu ini.

Istilah lingsir wengi memiliki arti menjelang tengah malam. Tapi benarkah jika lagu ini merupakan nyanyian untuk memanggil makhluk halus?

Dikutip dari laman Liputan6.com dan dari berbagai sumber, berikut fakta seputar lagu Lingsir Wengi yang perlu diketahui:

Covid-19 Soloraya: Ini 3 Klaster Kuliner yang Bikin Heboh

Ciptaan Sunan Kalijaga untuk Dakwah

Lagu asli Lingsir Wengi diciptakan Sunan Kalijaga. Jauh dari kesan horor atau mistis, lagu ini awalnya berfungsi sebagai media dakwah Sunan Kalijaga. Lagu ini biasa disenandungkan setelah melakukan salat malam yang isinya menyiratkan doa kepada Tuhan.

Tujuannya tidak lain untuk meminta perlindungan kepada Sang Pencipta dari hal-hal buruk, termasuk gangguan dari makhluk gaib, dan menolak bala.

Meskipun versi asli lagu ciptaan Sunan Kalijaga masih menjadi perdebatan, namun diketahui bahwa lirik yang dinyanyikan dalam film horror berbeda dengan aslinya. Lirik lagu Lingsir Wengi versi Sunan Kalijaga lebih panjang. Intinya lagu itu adalah bentuk munajat dan doa yang maknanya sangat dalam.

Bakul Klambi di Sukoharjo Terduga Teroris Ditangkap Densus 88, Rumahnya Digeledah

Lagu Pengantar Tidur

Sama seperti Nina Bobo, dahulu Lingsir Wengi juga digunakan sebagai lagu pengantar tidur untuk anak-anak. Lagu ini sering digunakan sebagai pengantar tidur lantaran iramanya yang mendayu-dayu. Liriknya pun penuh dengan harapan sehingga pas digunakan ibu-ibu untuk menidurkan anaknya.

Film Horor

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno

Ojo tangi nggonmu guling

Awas jo ngetoro

Aku lagi bang wingo wingo

Jin setan kang tak utusi

Dadyo sebarang

Wojo lelayu sebet

Mengejutkan! Api Abadi Mrapen di Godong Grobogan Padam

Kurang lebih inilah lirik lagu Lingsir Wengi yang dinyanyikan dalam film horror. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, lagu ini telah mengalami perubahan dari versi aslinya. Sayang, tembang dalam film Kuntilanak telah diubah sedemikian rupa hingga liriknya justru terkesan seram.

Anggapan tembang Jawa mistis itu sebenarnya bermula dari meledaknya film Kuntilanak garapan Rizal Mantovani pada 2006. Tokoh utamanya, Samantha yang diperankan Jullie Estelle dikatakan punya kemampuan memanggil setan hanya dengan menyanyikan tembang Lingsir Wengi.

Karena punya kesan menyeramkan dan dipercaya merupakan lagu pemanggil makhluk halus, barang pasti lagu ini sering dipakai dalam film horor. Selain film Kuntilanak yang booming pada 2006, film lainnya yang juga menggunakan lagu ini adalah The Doll 2 dan Tembang Lingsir.

Banyak yang Tak Tahu! 5 Artis Cantik Ini Ternyata Punya Suami Polisi 

Irama Mendayu-dayu

Lagu Lingsir Wengi berirama mendayu-dayu dan bertempo lambat. Ditambah iringan musik gamelan dan menggunakan pakem Durma dari gending Jawa membuatnya terkesan suram dan menyayat hati. Terlebih lagi, lagu ini dilantunkan dalam bahasa Jawa.

Hal inilah yang membuat orang-orang akan merasa lagu ini penuh nuansa mistis. Apalagi untuk orang yang tidak paham bahasa Jawa. Padahal jika dikupas lebih lanjut, Lingsir Wengi mempunyai makna yang mendalam nan indah.

Tembang Jawa yang dilagukan dengan cengkok mendayu-dayu memang sering kali diidentikan dengan mistis. Soal lirik lagu pun justru seringkali diabaikan. Padahal tembang Jawa tak jauh layaknya lagu berbahasa Indonesia pada umumnya. (Annisa Putri/JIBI/Jeda.id)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom