Bukan Magic, Ini Sebab Kebo Bule Keraton Solo Warnanya Putih Kemerahan

Meski kerap dikaitkan dengan hal-hal magis, warna kulit pada kebo bule seperti yang ada di Keraton Solo bisa dijelaskan secara ilmiah.

 Abdi dalem merawat kerbau bule di Magangan Keraton Solo, Kamis (28/7/2022)

SOLOPOS.COM - Abdi dalem merawat kerbau bule di Magangan Keraton Solo, Kamis (28/7/2022)

Solopos.com, SOLOKebo bule yang merupakan pusaka keramat milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kini sedang dalam bahaya dengan adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Tercatat sudah tiga ekor kebo bule yang mati hanya dalam 17 hari terakhir.

Beberapa kerbau bule juga nampak memiliki gejala PMK dan sedang ditangani secara serius oleh Keraton dan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kebo bule yang menjadi pusaka dari Keraton dipercaya memiliki kekuatan magis. Kotoran kebo saat dikirab pada malam 1 Suro bahkan dijadikan rebutan.

Konon, kotoran kerbau ini bisa meningkatkan hasil panen atau yang lebih ekstrem lagi kotoran kebo bule Keraton Solo yang dikirab bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit.

Namun, fenomena kebo bule yang unik karena warna kulitnya yang putih kemerahan bukanlah sesuatu yang dihasilkan secara magic atau berkaitan dengan hal-hal magis. Ada penjelasan ilmiah kenapa kebo bule berwarna terang seperti itu.

Baca Juga: Keramat di Keraton Solo, Kebo Bule Termasuk Hewan Dilindungi Negara?

Dalam jurnal berjudul Profil Sekuen Gen Tyrosinase Pada Sapi dan Kerbau Albino terbitan Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), adanya mutasi pada gen Tyrosinase (TYR) menjadikan pigmen pada sapi dan kerbau berbeda.

Gen TYR berfungsi menghasilkan enzim tyrosinase yang bisa membuat kelainan genetik berupa albinism. Albinism dibagi menjadi dua yaitu ocolucuteneous albinsim yaitu albino di mata dan kulit, ocular albinism atau albino pada mata. 

Dalam penelitian yang dilakukan LIPI tersebut, pasangan kerbau normal yang disilangkan bisa memiliki anak albino apabila salah satunya memiliki gen albino yang tidak muncul atau gen resesif.

Baca Juga: Tiga Kebo Bule Mati Karena Sakit Dalam 17 Hari, Pertanda Apa?

Hasil Persilangan

Sedangkan untuk kerbau albino yang disilangkan dengan kerbau normal juga bisa memiliki anak normal. Hal itu tergantung gen mana yang muncul. Tetapi jika kedua induk dan pejantan albino, bisa dipastikan kerbau yang lahir adalah albino.

Di sisi lain, fenomena kerbau albino yang dikeramatkan atau dijadikan pusaka juga tidak hanya terjadi di Kota Solo. Dalam buku Kerbau: Ternak Potensial yang Terlupakan terbitan LIPI tahun 2015, ada beberapa fenomena di mana kerbau albino menjadi primadona.

Di Banten misalnya, kebo albino atau kebo bule dianggap membawa hoki atau keberuntungan, terlebih jika tanduknya bertemu secara simetris di bagian bawah leher seperti kalung. Kebo bule tersebut dianggap membawa hoki dan biasanya diambil air seninya untuk dijadikan obat.

Baca Juga: Kiai Gino Mati, Kebo Bule Pusaka Keraton Solo Tinggal Segini

Sedangkan di Pulau Bali, ada fenomena lembu taro yang berwarna putih pucat. Bahkan di Bali, lembu taro dilindungi masyarakat sekitarnya untuk tidak terjadi mutasi genetik dan tetap bisa mempertahankan genetik dari warna sang lembu.

Di Madura juga memiliki budaya yang sama, yaitu kerbau merah, yang mirip dengan kebo bule, namun memiliki warna putih yang lebih menyala.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Piknik ke Solo Sukoharjo Wongiri Naik KA Batara Kresna, Hanya Rp4.000/Orang

      Perjalanan menyenangkan Solo - Sukoharjo - Wonogiri menggunakan Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan tarif hanya Rp4.000 per penumpang.

      54 Jabatan Perangkat Desa di Karanganyar Tak akan Diisi, Ini Alasannya

      Ada beberapa sebab puluhan jabatan perangkat desa di Kabupaten Karanganyar tidak diisi. Di antaranya adalah jabatan yang kosong diisi dari mutasi perangkat desa lainnya.

      Jamu Jampi Usodo, Warisan Nusantara Menyehatkan Dunia

      Jamu, dari bahasa Jawa kuno jampi atau usodo sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia, telah diajukan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nusantara yang menyehatkan dunia.

      Tiket Presale Konser Dewa 19 Solo di Edutorium UMS Ludes, Sisa Harga Normal

      Tiket presale konser Dewa 19 di Solo yang akan diselenggarakan pada 26 November 2022 di Edutorium UMS Sukoharjo ludes dibeli Baladewa.

      Dinilai Kurang Aman, Jembatan Sasak Bengawan Solo akan Diganti Jembatan Darurat

      Pemkot Solo berencana mengganti jembatan sasak di Kampung Beton, Kelurahan Sewu, ke Mojolaban, Sukoharjo, dengan jembatan darurat yang lebih aman.

      Wow! Penyandang Disabilitas Wonogiri Digelontor Rp1,2 Miliar

      Pemkab Wonogiri memberikan bantuan sosial (bansos) kepada 350 penyandang disabilitas di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (30/9/2022).

      Keren! Mobil Listrik Mahasiswa UMS bakal Bersaing di Kompetisi Internasional

      Mobil listrik buatan mahasiswa UMS akan turut dalam kompetisi Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

      Harga Kedelai Stabil Tinggi, Perajin Tempe Wonogiri Terpaksa Perkecil Ukuran

      Harga kedelai di Wonogiri stabil tinggi, sejak munclnya pandemi Covid-19 hingga sekarang.

      Pendaftar Perempuan Kurang dari 30%, Perekrutan Panwascam Sragen Diperpanjang

      Bawaslu Sragen memperpanjang masa pendaftaran panwascam di empat kecamatan karena tak terpenuhi kuota 30% pendaftar perempuan.

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.

      Berstatus Ilegal, Jagal - Warung Kuliner Anjing di Solo Jalan Tanpa Pengawasan

      Karena statusnya yang ilegal, jagal hingga warung kuliner anjing di Kota Solo beroperasi tanpa pengawasan dari instansi terkait.