Bukan Kemacetan Lalu Lintas, Ini Fokus Pengamanan Lebaran 2020 di Jateng
Ilustrasi pos pengamanan mudik Lebaran. (JIBI/Bisnis/Antara)

Solopos.com, SOLO -- Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menjelaskan fokus pengamanan Lebaran lewat Operasi Ketupat Candi 2020 berubah dibanding tahun lalu.

Kapolda menegaskan dalam operasi tahun ini, fokus utama kepolisian bukan lagi pada soal keselamatan lalu lintas dan kemacetan. Namun lebih ke antisipasi masuknya pemudik ke Provinsi Jawa Tengah.

3 Terdakwa Kasus Tanda Tangan Palsu Bank UOB Jalani Tahanan Kota

"Pola pengamanan tahun ini memang kami ubah. Tahun lalu kami fokus pada keselamatan lalu lintas dan antisipasi kemacetan saat arus mudik," ujar Kapolda saat dijumpai wartawan di Solo, Selasa (28/4/2020).

Ia menegaskan sesuai arahan Presiden Joko Widodo terkait larangan mudik, Polda Jateng memfokuskan pengamanan Lebaran 2020 pada antisipasi mudik.

Pemudik Jateng Kucing-Kucingan Naik Kontainer? Ganjar Geram

Hal itu dilakukan dengan penyekatan secara humanis di ruas jalan akses masuk Jateng. Menurutnya, dalam operasi di tengah pandemi virus corona itu kepolisian sudah menyekat di sisi barat dan timur Jateng.

5 Jalur Utama

"Ada lima jalur utama di Jawa Tengah yakni Pantura, Jalan Tol Trans Jawa Tengah, Jalur Selatan, dan jalur paling selatan. Dari lima jalur itu ada tiga pintu masuk dari barat dan lima pintu masuk dari timur," ujar Kapolda.

Boyolali Kirim 50 Sampel Swab Terkait Covid-19, Hasilnya Belum Keluar

Ia menegaskan penyekatan untuk pengamanan Lebaran 2020 di Jateng itu dilakukan sembari memberi imbauan tentang pencegahan virus Covid-19.

Pada jarak 500 meter hingga 1 kilometer sebelum lokasi penyekatan, sudah ada informasi dan imbauan larangan mudik serta dipersilakan untuk putar balik.

Bupati Karanganyar: Buruh Terdampak Isolasi Covid-19 Harus Dapat Hak dari Perusahaan

Sebelumnya, Satlantas Polresta Solo bersama Dinas Perhubungan Kota Solo menggelar operasi penyekatan di Jl Adisucipto kawasan Tugu Makutho, Senin (27/4/2020) sore.

Dalam operasi itu, empat kendaraan pemudik diminta untuk putar arah balik. Apabila hendak menujuĀ  Solo wajib karantina di lokasi yang sudah disiapkan Pemkot Solo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho