SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Mobil berwarna hitam dan putih bisa dibilang menjadi primadona masyarakat belakangan hari ini. Di jalanan, banyak terdapat mobil dengan kedua warna tersebut.

Namun tahukah Anda jika hitam dan putih sebenarnya adalah warna yang cepat kusam untuk mobil? Technical Support Otogard, Ade Lesmana, menjelaskan ada dua jenis warna yang bagi konsumen akan sulit dirawat sendiri karena rentan rusak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Dua warna itu adalah hitam dan putih," kata Ade seperti dikutip Detik.com, Senin (4/11/2019).

Menurut Ade, warna putih sangat rentan terhadap udara ekstrem. "Misal mobilnya dipakai di sekitaran Jakarta Utara atau dekat pesisir pantai, yang punya kandungan garamnya tinggi, itu bisa menimbulkan efek kuning di bodi cat warna putih. Apalagi kalau enggak pakai pelindung cat apapun, seperti nano coating dan lain sebagainya. Kalau sudah kena efek itu, susah bagi konsumen perawatannya," lanjut Ade.

Sementara itu, warna hitam pada mobil juga mudah rusak jika terkena udara laut. "Kalau hitam, pasti akan kena efek kusam atau kena waterspot saat terkena udara laut," terang Ade.

Ia membeberkan warna hitam juga gampang terkena baret dan akan sangat jelas terlihat. "Ibarat salah bilas saja saat cuci mobil, warna hitam itu bisa kena baret dan kelihatan banget bekasnya," lanjutnya.

Menurut Ade, warna silver atau abu-abu merupakan warna yang aman untuk mobil dibanding hitam atau putih. "Warna ini relatif lebih aman dibanding warna hitam atau putih. Meski secara tampilan, cat warna putih dan hitam lebih terlihat mewah dibanding abu-abu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya