Bukan Hewan, Kethek Jadi Nama Makanan Unik Khas Kebumen

Kethek ini dibuat dari buah kelapa yang sudah tua, dikarenakan kelapa yang sudah tua dapat menghasilkan minyak yang banyak sehingga Kethek yang dihasilkan juga banyak.

 Olahan Kethek  Ikan Teri Khas Kebumen (Youtube/TRANS7 Official)

SOLOPOS.COM - Olahan Kethek Ikan Teri Khas Kebumen (Youtube/TRANS7 Official)

Solopos.com, KEBUMEN — Ada saja ide untuk mengolah makanan di setiap daerah, seperti di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah yang mengolah makanan dari ampas minyak kelapa. Olahan kuliner khas Kebumen ini dikenal dengan nama kethek.

Berdasarkan pantauan Solopos.com melalui kanal Youtube TRANS 7 Official, Kamis (5/5/2022), pembuatan kethek diawali dengan mengupas kelapa tua dan memarut dagingnya. Setelah itu, parutan kelapa diperas hingga mengeluarkan santan. Kemudian santan disaring kembali agar bersih dari ampas-ampas daging kelapa.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Santan kepala kemudian dimasak di wajan panas dan diaduk-aduk hingga terlihat antara ampas dan minyak. Kemudian ampas dari minyak kelapa diambil dan jadilah kethek. Sebenarnya adonan kethek ini bisa langsung dimakan, tapi oleh warga setempat, kethek khas Kebumen biasanya dimasak lagi menjadi olahan kuliner yang lebih menarik.

Dalam video tersebut, kethek diolah menjadi oseng-oseng yang diberi tambahan ikan teri agar lebih nikmat disantap. Bahan-bahan yang digunakan di antaranya bawang merah, bawang putih, jahe, gula merah, cabai rawit hijau, petai cina, ikan teri dan tentu saja Kethek.

Seperti mengolah oseng-soeng, bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, gula merah, ikan teri dan jahe dipotong kecil-kecil dan kemudian ditumis hingga harum. Setelah itu, adonan Kethek dicampurkan dengan tumisan bumbu tersebut dan masak hingga matang.

Rasa oseng-oseng kethek teri ini tentunya sangat kaya, mulai dari gurih dari kethek, asin dari ikan teri, dan pedas dari cabai rawit serta aroma sedap dari bawang-bawangan dan jahe yang dipadukan.

Baca Juga: Gulai Melung, Kuliner Lebaran Khas Purbalingga Favorit Gubernur Jateng

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Solopos.com, adonan kethek khas Kebumen ini juga diolah menjadi makanan pelengkap saat menyantap gethuk. Kehtek atau dikenal dengan sebutan blondo ini dihaluskan dengan cara diulek dan kemudian dimasukan ke dalam bungkusan daun pisang, setelah itu dikukus selama beberapa menit. Kehtek atau blondo siap disantap bersama gethuk.

Dari segi nilai gizi, Kethek memiliki kandungan protein, gluten dan karbohidrat yang tinggi dan rendah lemak, sehingga cocok digunakan untuk menu diet. Meskipun pembuatannya mudah, namun bisa dikatakan keberadan kethek ini bisa dikatakan sudah langka dan jarang ditemui. Tidak diketahui penyebab kelangkaannya, tapi karena proses pembuatannya mudah, Anda bisa mengolah adonan kethek atau blondo ini sendiri di rumah.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Brrr! Embun Upas Mulai Muncul di Dieng, Tanda-Tanda Musim Kemarau

Fenomena embun upas di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), telah muncul yang menandakan dimulainya musim kemarau.

Astaghfirullah! 5.182 Balita di Batang Alami Stunting

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), menyebut ada sekitar 5.182 balita di wilayahnya yang mengalami stunting.

Pengumuman PPDB SMP Kota Semarang 2022 Dini Hari Nanti, Ini Linknya

Pengumuman penerimaan peserta didik baru atau PPDB jenjang SMP negeri di Kota Semarang akan dilakukan secara online mulai dini hari nanti atau Jumat (30/6/2022) pukul 00.00 WIB.

Embun Upas Dieng, Cantik Tapi Mematikan

Fenomena embun beku atau dikenal dengan sebutan embun upas mulai muncul di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang dikenal cantik tapi mematikan.

Viral Dugaan Perawat Lecehkan Pasien, Ini Kata RSUD Kartini Jepara

RSUD RA Kartini Jepara angkat bicara terkait viral pemberitaan dari media sosial Twitter terkait dugaan perawat di rumah sakitnya melakukan pelecehan seksual terhadap pasien.

Cek! 63.717 Peserta Lulus UM-PTKIN 2022, Ada Nama Kalian?

Pengumuman UM-PTKIN 2022 mencantumkan 63.717 peserta yang lolos atau diterima di sejumlah perguruan tinggi keagamaan Islam negeri.

Rumah Zakat Salurkan 400 Paket Superqurban ke Suku Samin Blora

Diharapkan dengan adanya Ekspedisi Superqurban yang dilakukan Rumah Zakat membawa kebahagian untuk warga suku Samin.

Ini 5 SMP di Semarang Paling Banyak Diminati pada PPDB 2022

Berikut daftar lima SMP negeri di Kota Semarang yang paling banyak diminat calon peserta didik dalam PPDB 2022.

Disnakkan Akan Cek Info Puluhan Sapi Mati di Geyer Diduga PMK

Disnakkan Grobogan akan mengecek kebenaran info mengenai adanya puluhan sapi mati di Desa Jambangan, Kecamatan Geyer diduga PMK.

Dianggap Liar, Tempat Karaoke di Terminal Purwodadi Bakal Digusur

Tempat karaoke di kawasan Terminal Induk Purwodadi, Grobogan, bakal digusur karena dianggap tidak mengantongi izin operasi.

37 Desa di Temanggung Gelar Pilkades Serentak, 1.601 Petugas Dikerahkan

Pilkades serentak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), akan digelar pada 30 Juni 2022.

Kerap Dirazia Satpol PP, PSK Jalanan Semarang Pasang Tarif Segini

Praktik prostitusi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) kerap dirazia Satpol PP Kota Semarang karena berlangsung di jalanan.

Lahan Dipatok BBWS, Petani Penggarap Datangi Kantor BPN Grobogan

Belasan petani penggarap datangi Kantor Pertanahan Grobogan untuk meminta informasi kemungkinan tanah garapan mereka dibuatkan sertifikat.

Piknik Yuk! Ini Objek Wisata di Ambarawa yang Seru

Berikut daftar tempat wisata di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), yang layak dikunjungi untuk liburan.

Lawan Bhayangkara di Jatidiri, Panpel PSIS Belum Putuskan Lokasi Parkir

Menjelang laga perempat final Piala Presiden 2022 antara PSIS Semarang dengan Bhayangkara FC di Stadion Jatidiri, pihak panpel masih mencari lokasi lahan parkir untuk suporter.