Kover buku puisi Bawaslu Jateng. (Semarangpos.com-Bawaslu Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Cara-cara unik kembali digunakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2019. Setelah sebelumnya menggandeng para seniman kartun, kali ini Bawaslu Jateng mengajak para sastrawan membuat buku berisikan puisi tentang Pemilu 2019.

Buku berisi sajak-sajak pengawasan pemilu yang diterbitkan Bawaslu Jateng bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng itu rencana diluncurkan di Gedung RRI Kota Semarang, Rabu (26/12/2018).

“Buku tersebut berisi sajak pengawasan pemilu karya berbagai pihak. Sebelumnya, Bawaslu Jateng mengundang berbagai pihak untuk menciptakan puisi. Mereka mengirim puisi ke Bawaslu Jateng. Pengirimnya tak hanya dari Jateng, tapi juga provinsi lain,” ujar Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng, Rofiuddin, Selasa (25/12/2018).

Rofiuddin menyebutkan selama lima hari masa pengiriman, total ada 110 pengirim. Dari jumlah sebanyak itu, Bawaslu Jateng menerima sekitar 150 karya puisi.

Ke-150 karya puisi itu kemudian diseleksi Bawaslu Jateng bersama para juri, hingga terpilih 133 sajak. Karya yang terpilih itu kemudian diterbitkan dalam sebuah antologi dengan judul MATA SAJAK: Antolgi Puisi Pengawasan Pemilu.

Rofiuddin menambahkan pengirim sajak berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan ada salah satu pengirim saja yang berdomisili di Swiss, yakni Sigit Susanto.

“Bawaslu Jateng menilai bahwa pencegahan pelanggaran pemilu tak hanya bisa dilakukan melalui sosialisasi, diskusi, atau seminar. Tapi bisa juga melalui berbagai cara, seperti karya puisi yang berisi pesan-pesan yang menyuarakan kebenaran, serta dorongan agar berbuat adil dalam pemilu kali ini,” tutur pria yang akrab disapa Rofi itu.

Acara peluncuran buku MATA SAJAK; Antologi Puisi Pengawasan Pemilu, nantinya akan digelar secara terbuka untuk umum. Selain pembacaan puisi dengan diiringi musikalisasi puisi, acara tersebut juga akan diisi orasi dari Bawaslu Jateng, Ketua PWI Jateng, dan Ketua Dewan Kesenian Kota Semarang (Dekase), Handry T.M.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten