SOLOPOS.COM - Pertandingan pencak silat antar perguruan tinggi yang diselenggarakan di UNS beberapa waktu lalu. JIBI/Solopos/ilustrasi

Solopos.com, MADIUN — Madiun selama ini dikenal sebagai pusatnya perguruan pencak silat. Belasan perguruan silat tumbuh subur di daerah ini. Bahkan ada beberapa perguruan silat yang memang lahir dan berekembang  di Madiun, Jawa Timur. 

Beberapa perguruan silat yang ada di Madiun berasal dari aliran yang berbeda-beda. Jumlah anggota masing-masing perguruan silat pun beragam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berikut ini deretan perguruan silat yang berasal dari Madiun:

  1. Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda

Perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda atau yang disebut dengan PSHW didirikan oleh Ki Ngabehi Soerodwirjo atau yang sering disebut dengn Eyang Suro pada tahun 1917. Eyang Suro awalnya mendirikan PSHW dengan nama Sedulur Tunggal Kecer atau STK. Pusat dari perguruan pencak silat ini berada di Jalan Doho No. 123, Winongo, Manguharjo, Madiun, Jawa Timur.

  1. Persaudaraan Setia Hati Terate

Lahirnya perguruan pencak silat Persatuan Setia Hati Terate atau yang sering disebut dengan PSHT masih memiliki kaitan dengan Eyang Suro. Melansir dari shterate.or.id, PSHT didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922.

Hardjo Oetomo dulunya merupakan salah satu murid dari Eyang Suro yang mendirikan perguruan baru karena perbedaan pendapat dengan Eyang Suro. Ki Hardjo Oetomo berpendapat bahwa pencak silat aliran Setia Hati dapat dipelajari oleh semua golongan. Mengingat di era Ki Ageng Ngabei Soerodiwirdjo, Setia Hati hanay diajarakan untuk kalangan bangsawan.

Sebelum bernama PSHT, aliran pencak silat ini memiliki nama Setia Hati Pemuda Sport Club (SH PSC). Pemerintah Belanda saat itu mencurigai PSHT digunakan sebagai tempat latihan pencak silat dan melakukan pergerakan perlawanan terhadap kolonial Belanda.

  1. IKS PI Kera Sakti

Melansir dari unisda.ac.id, Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Kera Sakti (IKSPI Kera Sakti) berdiri pada tanggal 15 Januari 1980 di Jalan Merpati No. 45, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun. Bapak R. Totong Kiemdarto adalah pendiri sekaligus guru besar dari perguruan pencak silat ini. Padepokan pusat perguruan silat ini berada di Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun.

  1. Persaudaraan Setia Hati Tuhu Tekad

Seperti namanya, perguruan pencak silat ini masih memiliki hubungan dengan perguruan Setia Hati lainya yang berawal dari Eyang Suro. Melansir dari sewulan.desa.id, Setia Hati Tuhu Tekad Pusat adalah pencak silat asli yang didirikan oleh Raden Singgih pada Tahun 1918.

Dia mempunyai murid bernama Raden Soekotjo yaitu adik kandung dari Raden Singgih itu sendiri. Raden Soekotjo adalah Guru Besar Setia Hati Tuhu Tekad Pusat Madiun yang memiliki Padepokan Pusat yaitu di Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun. Perguruan silat ini kemudian berkembang diberbagai daerah sebagai cabang-cabang dari Setia Hati Tuhu Tekad.

  1. Perguruan Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas

Perguruan pencak silat Ki Ageng Pandan Alas didirikan oleh Koestari Ady Andaya yaitu seorang purnawirawan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) yang berdinas di Lanud Iswahjudi Maospati, Magetan.

Melansir dari e-journal.unipma.ac.id, perguruan pencak silat ini didirikan di Madiun pada tanggal 10 November 1972 dengan dilatarbelakangi oleh situasi dan kondisi di Madiun yang kurang kondusif akibat G30S PKI.

Bapak Koestari mengadakan latihan di Kodim 0803 yang berlokasi di Jalan Pahlawan Madiun dan hanya diikuti oleh beberapa orang saja. Lambat laun pengikutnya semakin banyak sehingga ia menghimpunnya dalam sebuah organisasi pencak silat.

  1. Pro Patria

Lahirnya organisasi perguruan IKS Pro Patria berawal dari seorang tokoh bernama Victor Lie Kuang Hwa (Koh Hwa). Dia memiliki ilmu jurus kungfu yang dilatih oleh ayahnya sendiri bernama Lie Gun Yin, seorang pendekar kungfu aliran shaolin.

Pada saat itu Koh Hwa menolong seseorang yang tengah ditindas dan masyarakat yang melihatnya meminta agar diajarkan jurus yang Koh Hwa miliki tersebut.

Koh Hwa pun mulai mengajar kung fu sejak tahun 1963 sampai tahun 1970 di rumahnya sendiri di Jalan Trunojoyo, No. 10 Madiun. Akhirnya pada tanggal 28 oktober 1971 didirikanlah perguruan pencak silat yang bernama Ikatan Keluarga Silat Pro Patria di Madiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya