Bukan Hanya Alga, Bahan Pangan Ini Diprediksi Jadi Makanan Masa Depan Manusia

Alga yang sudah berbentuk kapsul itu dianggap menjadi makanan masa depan karena dianggap praktis untuk dikonsumsi.

 Alga diprediksi jadi makanan masa depan. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Alga diprediksi jadi makanan masa depan. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kepala Desa (Kades) Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Mujahid Jaryanto, menjelaskan alga yang diproduksi dalam bentuk kapsul dianggap sebagai makanan masa depan. Alga bikinan kaum milenial di Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, itu ternyata juga dikonsumsi orang yang berprofesi sebagai astronaut.

Alga yang sudah berbentuk kapsul itu dianggap menjadi makanan masa depan karena dianggap praktis untuk dikonsumsi. “Mengonsumsi kapsul ini [pagi dan sore] setara dengan 1 kilogram nasi atau pun satu kilogram jus buah/sayur. Ini sudah dikonsumsi astronaut juga,” kata Mujahid Jaryanto seperti dikutip dari Solopos.com, Jumat (24/9/2021).

Selain alga sebenarnya ada sejumlah bahan pangan lain yang diprediksi bakal jadi makanan masa depan. Mereka ini bakal jadi bahan pangan manusia lantaran kelak diprediksi bakal terjadi ledakan populasi manusia, sementara di satu sisi sumber daya alam (SDA) dan jumlah lahan pertanian kian menyusut.

Baca Juga: Wow, Alga Bikinan Pemuda Sidowayah Klaten Jadi Makanan Astronaut di Ruang Angkasa Hlo

Penelitian di industri pangan dan kemajuan teknologi yang pesat berusaha memberikan jawaban akan apa yang bisa kita jadikan bahan makanan di masa depan. Melansir dari Bright Side, Jumat (24/9/2021), berikut ini bahan pangan manusia di masa depan:

1. Alga alias ganggang

Alga merupakan salah satu makanan yang disantap manusia di masa depan. Kebanyakan alga, misalnya rumput laut, mengandung sejumlah besar lemak omega-3. Nutrisi ini penting dengan banyak manfaat kesehatan. Penemu dan perancang Michael Burton dan Michiko Nitta mengemukakan ide bahwa manusia bisa menumbuhkan ganggang sendiri sambil bernapas saat mengenakan topeng khusus.

Dalam pertunjukan di salah satu museum di London, mereka menunjukkan bagaimana penyanyi opera dapat mendorong pertumbuhan alga di topeng tersebut.

2. Daging yang diproduksi di laboratorium

Memproduksi daging di laboratorium adalah cara untuk mengatasi masalah lingkungan, seperti emisi gas rumah kaca, pemotongan hewan berlebih, serta kekhawatiran akan kesejahteraan hewan. Ini tentunya juga menjadi solusi sumber makanan di masa depan.

Baca Juga: Alas Bedak Mengandung SPF, Efektifkah Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Sebuah perusahaan bernama Memphis Meats telah memproduksi bakso yang “tumbuh” di laboratorium. Caranya, mereka menggunakan sel induk dari hewan yang diperoleh tanpa rasa sakit.

3. Serangga

Menurut laporan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, serangga telah dikonsumsi oleh setidaknya 2 miliar orang. Meski beberapa orang mungkin merasa jijik, serangga sesungguhnya memiliki kandungan lemak, protein, vitamin, serat, dan mineral yang tinggi.

Selain itu, mengonsumsi serangga lebih ramah lingkungan daripada mengonsumsi daging ternak. Tambahan, beberapa serangga rasanya sama seperti produk yang biasa kita makan.

4. Makanan yang dicetak dengan mesin 3D

Kelak, printer 3D dapat mencetak, memasak, dan menyajikan makanan. Perancang asal Belanda Chloe Rutzerfeld menyarankan untuk memadukan makanan, berkebun, dan percetakan 3D.

5. Botol air yang bisa dimakan

Sebuah perusahaan startup teknologi rumput laut berbasis di London memiliki rencana untuk mengganti botol plastik dengan botol air yang bisa dimakan yang terbuat dari rumput laut.

Baca Juga: Kebiasaan Tukul Arwana Saat Syuting Diungkap Maria Vania dan Ucie Sucita

Begitu sampai di pasaran, plastik ini bisa digunakan untuk apapun. Selain harganya lebih murah dari plastik sebenarnya, rumput laut sebagai bahan kemasan juga lebih ramah lingkungan.

6. Ikan dan seafood palsu

Bukan hanya daging yang bisa dikembangkan di laboratorium, ikan dan seafood juga bisa diproduksi di sana. Pada 2002, sekelompok ilmuwan di Touro College berhasil membuat filet ikan kecil dengan mencelupkan otot ikan mas ke dalam serum janin sapi. New Wave Foods telah membuat udang palsu yang terbuat dari pengganti berbasis alga dan sedang mengerjakan pembuatan lobster dan kepiting.

Nah, bagaimana? Kalian sudah siap menyantap aneka bahan pangan ini di masa depan?

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Jerawat tak hanya ditemukan di wajah dan punggung, melainkan juga bisa muncul di payudara atau sekitar puting.

Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Lalu, bagaimana cara membedakan apakah benjolan merah yang muncul di alat kelamin itu benar-benar jerawat atau herpes genital?

Viral Video Pria Punya 26 Anak, Warganet: Istrinya Kuat!

Usut punya usut, ternyata almarhum pria yang memiliki 26 anak ini diketahui memiliki dua istri.

Ini Hari yang Bagus Berhubungan Suami Istri Menurut Islam, Malam Jumat?

Bukan hanya malam Jumat, lalu hari apa saja yang bagus untuk suami istri berhubungan intim menurut Islam?

Kronologi Pembuatan Video Mesum Lele 13 Detik, Pemeran Minta Maaf

Pemeran video mesum lele 13 detik memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf.

Klarifikasi Lele PUBG Soal Video Mesum 13 Detik, Turuti Keinginan Pacar

Perempuan pemilik akun PUBG bernama Lele memberi klarifikasi terkait video mesum dirinya dan menyebut sang pacar yang memintanya mengirim video itu.

Sempat Viral, Oknum Polantas Pacaran Naik Mobil PJR Adik Ipar Ahok

Di medsos beredar narasi bahwa anggota Polantas pacaran naik mobil PCR itu berani melakukan pelanggaran karena iparnya seorang pejabat.

Kreativitas Menggambar Bersama AnaKrea Mengisi Waktu Selama Pandemi

Melalui Program AnaKrea "Ayo Menggambar", mereka dapat menggambar sesuai imajinasi yang mereka pikirkan.

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

7 Mitos Weton Lahir Pada Hari Wage, Nomor 5 Bikin Bahagia

Inilah 7 mitos weton seseorang yang lahir pada hari Wage.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Waduh! Rusia Temukan Varian Baru yang Lebih Menular

Laporan pemerintah Rusia menyebutkan sejumlah infeksi Covid-19 varian baru yang diyakini lebih menular dari varian Delta.

Viral Jual Frozen Food Tanpa Izin Edar BPOM Kena Denda, Benarkah?

Lalu benarkah penjual terancam denda Rp4 miliar jika menjual frozen food tanpa izin edar BPOM?

Berkaca dari Kasus Rachel Vennya, Perlukah Satgas di Tiap Entry Point?

Gagasan perlunya Satgas di tiap entry point itu menjadi buntut dari kasus selebgram Rachel Vennya yang mangkir dari kewajibannya menjalankan karantina.