Bukan Diracun, Ini Hasil Kajian UGM Soal Meninggalnya Ratusan Petugas Pemilu

80 persen melaporkan adanya riwayat penyakit kardiovaskular dan 90 persen kasus mempunyai riwayat merokok, katanya usai melaporkan hasil temuan di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (25/6/2019).

Bukan Diracun, Ini Hasil Kajian UGM Soal Meninggalnya Ratusan Petugas Pemilu

SOLOPOS.COM - Warga mengangkat jenazah Sudirdjo, seorang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu serentak 2019 yang meninggal dunia usai mendapatkan perawatan di rumah sakit untuk dimakamkan di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (23/4/2019). KPU Kota Bekasi mencatat sebanyak tiga orang petugas KPPS meninggal dunia usai bertugas dalam proses pemungutan suara Pemilu serentak 2019./ANTARA FOTO-Risky Andrianto

Solopos.com, JAKARTA — Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan kajian terhadap penyebab meninggalnya 440 petugas pemilu dan sakitnya 3.788 orang lainnya. Penelitian diambil melalui lintas disiplin ilmu di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wawancara berlangsung di seluruh kabupaten di Provinsi DIY dengan mengambil 400 dari 11.781 tempat pemungutan suara. Penelitian dilakukan pada 20 Mei—23 Juni. Tim Peneliti Kajian, Riris Andono Ahmad mengatakan bahwa berdasarkan hasil otopsi verbal, seluruh petugas yang meninggal dunia berjenis kelamin laki-laki berusia 46-67 tahun.

“80 persen melaporkan adanya riwayat penyakit kardiovaskular dan 90 persen kasus mempunyai riwayat merokok,” katanya usai melaporkan hasil temuan di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (25/6/2019).

Riris menjelaskan bahwa beban kerja petugas berkisar antara 20—22 jam pada saat pemungutan. Sementara itu 7,5—11 jam untuk mempersiapkan TPS dan 8—48 jam untuk mempersiapkan dan mendistribusikan undangan.

“Dari total 212 pemilu di Jogjakarta baik yang sehat maupun sakit, 80 persen petugas menilai tuntutan pekerjaan tergolong tinggi. Di samping itu 83 persen memiliki keterlibatan kerja yang tinggi,” jelasnya.

Dari fakta tersebut, ditemukan fakta 89,2 persen dari 74 petugas yang sakit merasa memiliki tuntutan kerja tinggi. Hanya 74,2 persen dari 138 petugas sehat yang merasa demikian. Kondisi tersebut mengakibatkan petugas sakit memiliki tingkat kelelahan lebih tinggi dibanding yang sehat.

Kesimpulan dari hasil riset ini, Tim Peneliti UGM, Abdul Gaffar Karim menjelaskan bahwa semua petugas meninggal penyebabnya natural.

“Semuanya disebabkan oleh problem kardiovaskular entah jantung, stroke atau gabungan dari jantung dan stroke. kami sama sekali tak menemukan indikasi misalnya diracun, atau sebab-sebab lain yang lebih ekstrem,” jelasnya. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.

Lebaran, 8 Balon Udara Dilaporkan Terbang di Langit Indonesia

Sebanyak 8 balon udara dilaporkan berada di langit Indonesia saat momentum Lebaran tahun ini. Sejauh ini, belum ada laporan balon udara melintas di langit Solo.

Ayu Maulida Kenakan Kostum Komodo di Panggung Miss Universe

Ayu Maulida terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020 menggantikan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull.

Pertanyaan TWK KPK: Pacaran Ngapain Aja?

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ramai disorot karena ada pertanyaan yang dianggap aneh.

Wisatawan di Tawangmangu Ramai, Persewaan Kuda Masih Sepi Peminat

Para penjaja jasa tamasya berkuda di Tawangmangu, Karanganyar, belum menangguk untung di saat wisatawan membanjiri salah satu kawasan wisata andalan Soloraya itu.