Bukan di Purworejo, Foto Viral Pocong Jaga Kampung Diambil di Nguter Sukoharjo
Foto Viral Pocong Jaga Kampung. (Twitter)

Solopos.com, SUKOHARJO – Foto viral pocong menjaga kampung di Purworejo yang melakukan lockdown atau karantina mandiri guna mencegah persebaran virus corona dipastikan hoaks. Sebab, foto itu diambil di wilayah Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Foto yang viral itu menunjukkan dua pocong duduk di depan gapura Desa Kepuh, Sukoharjo. Sosok di balik pocong itu tak lain adalah pemuda desa setempat.

Namun, yang perlu diketahui foto pocong itu bukan disiagakan untuk menjaga kampung yang melakukan karantina mandiri. Melainkan diambil menjelang peringatan 1 Sura pada 2019 di Desa Kepuh.

Istri Pasien Pertama Meninggal di Solo Asal Magetan Sembuh dari Corona

Hal tersebut dikonfirmasi Karang Taruna Wijaya Kusuma (Jakusa), Desa Kepuh, Nguter, Anjar Panca, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (2/4/2020).

Fakta Foto Pocong Jaga Kampung

Anjar dan pemuda desa lainnya merasa keberatan foto viral dua pocong yang berjaga di gapura dusun diklaim menjaga karantina warga kampung di Purworejo.

"Foto dua pocong itu asli di sekitar gapura Dusun Kesongo, Desa Kepuh bukan Purworejo. Kami kecewa ada media mainstream yang menyebut lokasi foto pocong di Purworejo. Saya belum pernah dimintai konfirmasi oleh media yang bersangkutan," kata dia.

Foto pocong di Desa Kepuh, Nguter, Sukoharjo, Rabu (1/4/2020). (Istimewa/Anjar Panca)

Presiden Filipina Duterte: Tembak Mati Pelanggar Aturan Lockdown

Anjar menceritakan foto viral pocong itu merupakan hasil jepretan pemuda Dusun Kesongo pada 2019. Saat fenomena lockdown lokal muncul di setiap kampung, foto itu dibagikan ke grup Whatsapp pemuda desa dan menyebar ke media sosial pada Minggu (29/3/2020).

Keesokan harinya, foto serupa muncul di salah satu media online hingga dibahas di siaran TV Korea Selatan.

Anjar Panca memastikan kedua pocong itu bukan boneka. Melainkan temannya yang mengenakan kostum pocong.

Istana Tegaskan Tidak Ada Larangan Mudik Lebaran, Tapi....

"Kedua pocong itu bukan boneka namun pemuda yang memakai kostum pocong. Pemuda yang memerankan pocong bernama Wawan dan Deri," ujar dia.

Keterangan Kades Kepuh

Menanggapi informasi menghebohkan itu, Forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkopincam) Nguter, Pemerintah Desa Kepuh dan anggota karangtaruna mengecek ke lokasi foto viral pocong di gapuran Dusun Kesongo pada Rabu (1/4/2020) malam.

Tradisi Makan Sirih Pinang Papua, Benarkah Berpotensi Sebarkan Virus Corona?

Kepala Desa Kepuh, Marimo, menegaskan foto viral pocong itu bukan diambil di Purworejo. Melainkan di Dusun Kesongo, Desa Kepuh, Sukoharjo.

"Foto pocong di depan gapura lokasinya di Kesongo, Desa Kepuh, Nguter bukan Purworejo. Foto di Purworejo itu bohong alias hoaks," tegasnya.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom