Bukan di Bawah Al Azhar University, Ini Fakta UMS Solo Peringkat 5 Dunia

Pernyataan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sofyan Anif, soal peringkat kampusnya yang mentereng membuat sejumlah netizen heran. Sofyan Anif mengatakan, universitas yang dipimpinnya masuk jajaran lima besar perguruan tinggi Islam dunia. Bahkan, peringkat UMS Solo berada satu grade di bawah Al Azhar Universiy, Kairo, Mesir. Begini faktanya.

Bukan di Bawah Al Azhar University, Ini Fakta UMS Solo Peringkat 5 Dunia

SOLOPOS.COM - Kompleks UMS Solo (Youtube)

Solopos.com, SOLO –  Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sofyan Anif,  menyatakan peringkat UMS Solo di bawah Al Azhar University. Sofyan Anif mengatakan, universitas yang dipimpinnya masuk jajaran lima besar perguruan tinggi Islam dunia. Bahkan, peringkat UMS Solo berada satu grade di bawah Al Azhar Universiy, Kairo, Mesir.

Pernyataan tersebut disampaikan Sofyan Anif dalam pidatonya di Grand Opening Masa Taaruf (Masta) Penerimaan Mahasiswa baru 2019, Rabu (14/8/2019). 

Klaim yang disebutkan Rektor UMS Solo soal peringkat kampusnya didasarkan pada data yang dirilis Uni Rank pada 2018. Dikutip dari situs 4icu.org, Jumat (16/8/2019), UMS Solo berada di urutan kelima perguruan tinggi Islam top dunia.

Peringkat pertama ditempati Universiti Teknologi MARA, Malaysia, disusul Iran University of Science and Technology, Universiti Islam Antarbangsa Malaysia, dan Cairo University, Mesir. Sementara UMS Solo berada di posisi kelima di bawah Cairo University, Mesir, bukan Al Azhar University seperti yang disebutkan Sofyan Anif.

Uni Rank merupakan mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs lebih dari 13.600 universitas di 200 negara. Tak seperti lembaga survei perguruan tinggi lain yang menggunakan pendekatan akademik dalam penilaian.

Uni Rank justru menilai prestasi perguruan tinggi lewat kepopuleran situs masing-masing berdasarkan traffic, kualitas, serta validitas data.

Uni Rank hanya memberikan peringkat pada lembaga pendidikan tinggi dunia yang memenuhi persyaratan. Salah satunya diakui secara resmi atau diakreditasi badan nasional setempat. Perguruan tinggi tersebut setidaknya memiliki program sarjana dan pascasarjana. Serta menyediakan kursus pendidikan tinggi terutama dalam format pembelajaran tatap muka.

Perguruan tinggi yang dinilai oleh Uni Rank terdaftar secara global di Observatorium IREG tentang peringkat dan keunggulan akademik. Uni Rank melakukan pemeringkatan universitas berbasis web dan non-akademik sejak Mei 2005.

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19.

Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Karanganyar sudah mulai turun.

Tersangka Ilham Siregar Meninggal karena Sakit, Bagaimana Kelanjutan Kasus Korupsi ASABRI?

Tersangka kasus dugaan korupsi PT ASABRI Ilham W Siregar meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit.

Geger! Teror Bra Gelantungan Bikin Heboh Warga Rembang

Teror bra bergelantungan di sejumlah lokasi menggegerkan warga di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Kempis-Kempis, 8.000 Karyawan Lion Air Dirumahkan

Sekitar 8.000 karyawan maskapai penerbangan Lion Air bakal dirumahkan agar perusahaan mampu bertahan menghadapi pandemi.

Kuliner Solo, Memanjakan Selera Harus Tahu Batas

Laman Kementerian Komunikasi dan Informatika menggolongkan informasi bahwa satai brutu menyebabkan mudah lupa atau mudah pikun sebagai disinformasi.

Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.

Kasus Kematian Covid-19 di Jateng Tinggi, 90% dari Pasien Usia 40 Tahun ke Atas

Kasus kematian atau crisis fatality rate (CFR) akibat Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) masih terbilang tinggi.

Kisah Tragis 2 Wanita Kembar Dijuluki PSK Tertua di Dunia

Kisah tragis kali ini tentang wanita kembar yang dijuluki sebagai PSK tertua di dunia.

Pembangunan Fisik Capai 95%, Bendungan Bendo Ponorogo Mulai Diisi Air

Bendungan Bendo yang berada di Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, mulai diisi air awal atau impounding, Sabtu (31/7/2021)

Terlibat Kejar-kejaran dengan Orang Tak Dikenal, Remaja Meninggal Seusai Tabrak Pohon di Jogja

Seorang remaja meninggal setelah menabrak pohon perindang di Jalan AM. Sangaji, Jetis, Kota Jogja, Sabtu (31/7/2021) dini hari.

Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Wagub DKI Jakarta menegaskan wilayahnya tidak akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan karena sederet jurus pencegahan yang dilakukan.