Kompleks UMS Solo (Youtube)

Solopos.com, SOLO –  Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sofyan Anif,  menyatakan peringkat UMS Solo di bawah Al Azhar University. Sofyan Anif mengatakan, universitas yang dipimpinnya masuk jajaran lima besar perguruan tinggi Islam dunia. Bahkan, peringkat UMS Solo berada satu grade di bawah Al Azhar Universiy, Kairo, Mesir.

Pernyataan tersebut disampaikan Sofyan Anif dalam pidatonya di Grand Opening Masa Taaruf (Masta) Penerimaan Mahasiswa baru 2019, Rabu (14/8/2019). 

Klaim yang disebutkan Rektor UMS Solo soal peringkat kampusnya didasarkan pada data yang dirilis Uni Rank pada 2018. Dikutip dari situs 4icu.org, Jumat (16/8/2019), UMS Solo berada di urutan kelima perguruan tinggi Islam top dunia.

Peringkat pertama ditempati Universiti Teknologi MARA, Malaysia, disusul Iran University of Science and Technology, Universiti Islam Antarbangsa Malaysia, dan Cairo University, Mesir. Sementara UMS Solo berada di posisi kelima di bawah Cairo University, Mesir, bukan Al Azhar University seperti yang disebutkan Sofyan Anif.

Uni Rank merupakan mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs lebih dari 13.600 universitas di 200 negara. Tak seperti lembaga survei perguruan tinggi lain yang menggunakan pendekatan akademik dalam penilaian.

Uni Rank justru menilai prestasi perguruan tinggi lewat kepopuleran situs masing-masing berdasarkan traffic, kualitas, serta validitas data.

Uni Rank hanya memberikan peringkat pada lembaga pendidikan tinggi dunia yang memenuhi persyaratan. Salah satunya diakui secara resmi atau diakreditasi badan nasional setempat. Perguruan tinggi tersebut setidaknya memiliki program sarjana dan pascasarjana. Serta menyediakan kursus pendidikan tinggi terutama dalam format pembelajaran tatap muka.

Perguruan tinggi yang dinilai oleh Uni Rank terdaftar secara global di Observatorium IREG tentang peringkat dan keunggulan akademik. Uni Rank melakukan pemeringkatan universitas berbasis web dan non-akademik sejak Mei 2005.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten