Bukan Daging Tikus, Ini Hasil Penyelidikan Polres Madiun Soal Bakso yang Gegerkan Warga
Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono, memperlihatkan hasil uji laboratorium Balai Veteriner Boyolali, Jawa Tengah, kepada wartawan di Mapolres Madiun, Jumat (31/1/2020) sore. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN - Video viral mengenai bakso berbahan daging tikus menggegerkan warga Kabupaten Madiun. Polres Madiun lantas mengungkap kebenaran terkait video tersebut. Hasilnya, daging yang digunakan untuk membuat bakso tersebut bukan daging tikus melainkan daging sapi.

Geger! Bakso Dicurigai Daging Tikus Beredar di Madiun

Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono, mengatakan setelah mendapatkan laporan terkait video viral bakso berbahan daging tikus itu, pihaknya langsung melakukan pengusutan. Polisi telah memanggil dan memintai klarifikasi terhadap penjual, konsumen, dan penyuplai bakso tersebut.

Penyidik juga mengambil sampel bakso, baik dari penjual, konsumen yang memvideokan, serta penyuplai bakso. Petugas kemudian membawa sempel bakso tersebut di laboratorium Balai Veteriner Boyolali, Jawa Tengah. Laboratorium ini memberikan pelayanan terhadap uji mutu produk asal hewan.

Selundupkan Ganja 50 Kg Via Bus, Warga Malang Divonis Mati di Solo

Setelah dilakukan pengujian, ternyata hasil dari ketiga sampel bakso tersebut negatif daging tikus. Dipastikan daging yang digunakan untuk membuat bakso tersebut adalah daging sapi.

"Dari hasil uji laboratorium bisa disimpulkan bahwa ini negatif daging tikus, atau daging yang mengandung boraks dan formalin," kata dia kepada wartawan di Mapolres Madiun, Jumat (31/1/2020) sore WIB.

Bansos Sembako Naik Jadi Rp150.000/Bulan, Wonogiri Siapkan Potensi Lokal

Terkait temuan warga yang diduga kaki tikus, Ruruh menjelaskan petugas Balai Veteriner Boyolali juga mengambil perbandingan dengan kaki tikus. Hasilnya, terdapat perbedaan antara benda yang diduga kaki tikus dengan kaki tikus asli. Benda itu merupakan bagian daging sapi.

Dari hasil laboratorium juga bisa membandingkan struktur kaki tikus dengan benda yang diduga mirip kaki tikus di olahan bakso. Pertama, benda yang diduga kaki tikus di dalam bakso tidak terdapat kuku, sedangkan kaki tikus asli terdapat kuku.

Kedua, benda yang ada di dalam bakso tidak memiliki telapak kaki, sedangkan di kaki tikus asli memiliki telapak. Ketiga, benda yang ada di dalam bakso tidak memiliki tulang, sedangkan di kaki tikus yang asli ada tulangnya.

Rossi Berpeluang Duet dengan Adiknya di Moto GP 2021, Kok Bisa?

"Jadi ada tiga hal yang membedakan itu. Benda yang ada di dalam olahan bakso yang diduga kaki tikus, ternyata bukan kaki tikus karena tidak sesuai dengan strukturnya. Daging itu melainkan bagian dari tubuh sapi," jelas Ruruh.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho