SOLOPOS.COM - Situs Menggung di Tawangmangu, Karanganyar. (Karanganyarkab.go.id)

Solopos.com, KARANGANYAR – Wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah memiliki 37 benda cagar budaya (BCB) tak bergerak mulai dari situs, pabrik, rumah tinggal, makan, masjid, stasiun, hingga situs prasejarah.

Salah satu BCB di Karanganyar adalah Situs Watu Kandang di Matesih yang terdiri dari ratusan menhir. Dikutip dari situs Kebudayaan.kemendikbud.go.id, Selasa (23/3/2021), para arkeolog berpendapat Situs Watu Kandang di Matesih diperkirakan berasal dari zaman Megalitikum dan terus berkembang hingga abad XII M.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Situs Watu Kandang Matesih berupa bangunan temu gelang (stone enclosure), yaitu sekelompok batu (menhir) yang disusun dalam bentuk formasi temu gelang. Formasi ini oleh penduduk setempat sering disebut dengan istilah watu kandang.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Jejak Prasejarah di Situs Watu Kandang Matesih Karanganyar

Struktur batu temu gelang yang ada di Situs Watu Kandang Matesih terdiri dari beberapa variasi bentuk, seperti persegi panjang, oval, dan tidak beraturan. Ukurannya ada yang besar (panjang atau diameter lebih dari 150 cm) dan ada pula yang berukutan kecil (panjang atau diameter kurang dari 150 cm).

Selain itu ditemukan juga beberapa menhir atau bebatuan yang berdiri tegak menjulang ke angkasa sebagai lambang arwah nenek moyang alias menhir di Situs Watu Kandang Matesih. Tahta batu itu sering disebut dengan kursi batu.

Baca juga: Bak Stonehenge di Inggris, Ratusan Menhir Berjajar di Persawahan Matesih Karanganyar

Selain Matesih, ada dua peninggalan bersejarah lain di Karanganyar, yakni Situs Plumbon dan Situs Menggung di Kecamatan Tawangmangu. Situs Watu Kandang dan Situs Plumbon diperkirakan telah ada sejak zaman megalitik tua dan terus berkembang sampai abad ke-XII.

Situs Menggung yang berlokasi di Tawangmangu merupakan punden berundak yang berfungsi sebagai tempat pemujaan. Di situs ini ditemukan menhir, arca, struktur batu, serta yoni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya