Bukan Cuma Wangi, Parfum Helm Bisa Usir Virus Corona
Ilustrasi helm. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Siapa yang menyangka bahwa beberapa produk di sekitar kita bisa digunakan untuk mengusir virus corona (Covid-19)? Salah satu pengusir virus corona adalah parfum atau pewangi helm.

Dikutip dari Detik.com, Selasa (31/3/2020) Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ajeng Arumsari, menjelaskan disinfektan dapat merusak lapisan lemak pada virus corona sehingga membuat virus tersebut lemah.

Demo Buruh Semarang: Omnibus Law Lebih Berbahaya daripada Corona

Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Chandra Risdian, menegaskan banyak produk rumah tangga yang mengandung konsentrasi bahan aktif yang sesuai untuk disinfeksi. Bahan aktif tersebut terbukti efektif melawan virus corona berdasarkan studi literatur yang dilakukan.

Berdasarkan data yang dihimpun Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, salah satu produk parfum atau pewangi helm bisa digunakan untuk disinfeksi virus corona.

Produk penghilang bau helm itu disebut bisa digunakan untuk mengusir virus corona yang mengandung bahan aktif Benzalkonium chloride 0.05%.

Bukan Cuma PNS, Ridwan Kamil Ajak Orang Kaya Bantu Lawan Corona

Setidaknya ada 11 bahan aktif yang bisa digunakan untuk campuran disinfektan virus corona.

Di antaranya adalah Accelerated hydrogen peroxide (0.5%), Benzalkonium chloride/quaternary ammonium/alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride) (0.05%), Chloroxylenol (0.12%), Ethyl alcohol atau ethanol (62-71%), Iodine in iodophor (50 ppm), Isopropanol atau 2-propanol (50%), Pine oil (0.23%), Povidone-iodine (1% iodine), Sodium hypochlorite (0.05 - 0.5%), Sodium chlorite (0.23%), dan Sodium dichloroisocyanurate (0.1-0.5%).

Volume Sampah Tembus 130 Ton/Hari, TPA Sukoharjo Perlu Diperluas

Parfum atau pewangi helm mudah didapatkan di. Di beberapa toko online, parfum helm yang disebut bisa mengusir virus corona dijual dengan harga di bawah Rp10.000 hingga Rp20.000 untuk ukuran 60 ml.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho