SOLOPOS.COM - Agus Harimurti Yudhoyono saat berpidato. (Instagram/agusyudhoyono)

Agus Harimurti Yudhoyono tak hadir dalam acara HUT talkshow Mata Najwa Metro TV.

Solopos.com, JAKARTA – Kandidat Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, kembali tak ikut debat Cagub yang diselenggarakan televisi swasta. Hingga kini, Agus sudah absen di dua acara debat dan satu dialog di televisi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Agus batal hadir di acara debat Cagub-Cawagub DKI Jakarta yang diselenggarakan Kompas TV, Kamis (15/12/2016). Sebelumnya Agus juga tak hadir di debat Cagub DKI Jakarta yang diselenggarakan Net TV pada Jumat (9/12/2016).

Bukan hanya di debat Pilgub DKI Jakarta saja Agus tak menghadiri undangan televisi. Pada 26 November 2016, Agus juga tak hadir saat diundang acara talkshow Mata Najwa Metro TV. Pada acara spesial hari ulang tahun Mata Najwa itu, Agus absen saat dua Cagub lain hadir.

Ekspedisi Mudik 2024

Ketidakhadiran Agus di acara Mata Najwa itu juga sempat dipertanyakan. Padahal sebelumnya, Agus sempat hadir saat diundang sendirian dalam talkshow Mata Najwa yang ditayangkan 12 Oktober 2016.

Setelah kehadirannya itu, Agus bahkan sempat menjadi bahan perbincangan publik media sosial (netizen). Tampil percaya diri, Agus dinilai mampu menjawab pertanyaan dengan baik dan diplomatis. Selain diulas positif, netizen di hashtag #AHYMataNajwa Twitter saat itu banyak menyebut Agus meladeni pertanyaan presenter Najwa Shihab dengan cukup emosional. Apalagi, Agus berkali-kali jeda untuk minum.

Alasan Agus

Ketidakhadiran Agus di debat-debat yang diselenggarakan televisi bukan tanpa alasan. Politikus Partai Demokrat ini mengaku tidak punya kewajiban untuk hadir di acara debat televisi. Lebih lanjut, Agus memilih untuk menyibukkan diri dengan kampanye menemui calon pemilihnya.

Saya tidak hadir. Saya memilih menyibukkan diri bersama rakyat, mendengarkan langsung aspirasi masyarakat dan itu yang terbaik bagi saya. Saya merasa sangat nyaman di situ,” ujar Agus seperti dikutip Solopos.com dari Liputan6.com, Kamis (15/12/2016).

Agus menegaskan tidak hadir di acara debat adalah pilihan. Dalam hal ini, Agus lebih memilih untuk tidak hadir dan mengunjungi warga.

Ketika disinggung mengenai kehadiran pasangan calon lainnya, ia tak ingin banyak menanggapi. “Itu sih silakan saja. Hak masing-masing calon. Kalau saya enggak, lebih pilih bersama rakyat di sini,” pungkas Agus.

Sebelum di Kompas TV, Agus juga tak hadir di debat Cagub DKI Jakarta yang diselenggarakan Net TV pada Jumat (9/12/2016). Beda dengan di Kompas TV, debat di Net TV hanya mempertemukan kandidat Cagub.

Agus mengungkapkan alasan yang sama saat memilih untuk tak hadir di acara itu. Agus memilih berziarah ke sebuah makam di Tambora, Jakarta Barat.

“Tidak ada kewajiban bagi paslon mana pun, termasuk saya, untuk menghadiri acara debat, selain yang dijadwalkan resmi oleh KPUD,” kata Agus di AHY Command Center (ACC), Jakarta Selatan, seperti dikutip Solopos.com dari Detik, Jumat (9/12/2016).

Agus juga mengatakan, ia tak enak membatalkan agenda karena sudah ditunggu warga.

Debat antarcagub-cawagub DKI yang resmi dari KPU DKK akan digelar tiga kali, yakni pada 13 dan 27 Januari 2017, serta 10 Februari 2017. Debat tersebut akan disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi. Hingga saat ini, KPU DKI masih melakukan kajian terhadap format yang akan digunakan dalam debat kandidat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya