Bukan Aktivitas Seismik, Dentuman di Jateng Berasal dari Gelombang Jet?
Monitoring cuaca Indonesia lewat citra satelit. (Bmkg.go.id)

Solopos.com, SEMARANG – Masyarakat di Jateng dihebohkan dengan suara dentuman yang cukup kencang, Senin (11/5/2020) dini hari. Kejadian misterius ini pun menghebohkan jagat maya dan menjadi trending topic Twitter.

Menanggapi hal tersebut, Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jateng memastikan dentuman itu tidak berkaitan dengan aktivitas seismik. Dentuman tersebut terdengar di beberapa wilayah seperti Sragen, Boyolali, dan Solo.

“Suara dentuman tersebut tidak terkait dengan aktivitas seismik [gempa tektonik] baik yang dipicu aktivitas sesar lokal seperti Baribis Kendeng, maupun aktivitas zona subduksi selatan Jawa,” ujar Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie, Senin siang kepada Semarangpos.com.

Selain bukan berasal dari aktivitas gempa, Setyoajie memastikan dentuman itu bukan disebabkan aktivitas petir. Hal itu dikarenakan sebagian awan hujan lebih terkonsentrasi di utara dan pesisir selatan Jawa dan bukan utara Jawa, di mana suara dentuman itu terdengar.

Ziarah ke Makam Suaminya, Yan Vellia Tak Mampir ke Rumah Istri Pertama Didi Kempot

“Kalau disebabkan aktivitas sambaran petir sangat kecil. Hal itu karena di lokasi terdampak [dentuman] tidak ada aktivitas sambaran petir,” imbuhnya.

Gelombang Kejut Jet

Setyoajie menambahkan saat ini pihaknya terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap misteri dentuman di Jateng itu. Ia mengaku perlu melakukan kajian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti dentuman tersebut.

Meski demikian, ia menilai ada beberapa sumber yang bisa menjadi pemicu. Salah satunya sonic boom atau shock waves (gelombang kejut) dari jet. Hal ini timbul ketika jet yang melintas melebihi kecepatan suara maupun aktivitas vulkanik.

Pekan Ini, Wartawan dan Pedagang di 3 Pasar Tradisional Sragen Ini Bakal Jalani Rapid Test

“Kepada masyarakat kita imbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dipertanggungjawabkan. Pastikan informasi resmi hanya yang bersumber dari BMKG,” ujar Setyoajie.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, masyarakat Kota Solodan beberapa daerah di sekitarnya dihebohkan dengan dentuman yang terdengar Senin dini hari. Berdasarkan informasi yang diunggah pengelola akun media sosial Instagram @soloinfo, dentuman yang terdengar hingga Solo dan beberapa wilayah di Jateng itu terjadi pada pukul 00.00-an WIB.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho