Bukan Aib, Jangan Tutupi Masalah Kesehatan Mental

 Ilustrasi perempuan (JIBI/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perempuan (JIBI/Dok)

Banyak orang, khususnya perempuan yang meremehkan masalah kesehatan jiwa

Harianjogja.com, SLEMAN-Masih banyak orang Indonesia yang menutupi masalah kesehatan mentalnya karena malu atau dianggap aib.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Psikolog dari Unit Konsultasi Psikologi UGM Ismu Candra Kurniawati mengatakan, mengalami gangguan kesehatan mental seharusnya biasa saja, seperti halnya orang mengalami masalah kesehatan fisik lainnya. Banyak orang, khususnya perempuan yang meremehkan masalah kesehatan jiwa, kemudian tidak mempedulikan diri sendiri.

“Seringkali lingkungan sosial menuntut perempuan harus terlihat kalem dan bersikap lembut. Akibatnya, banyak perempuan yang memendam amarahnya dan ini salah satu bentuk tidak menyayangi diri sendiri,” kata dia melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (6/11/2017).

Baca juga : Ini Penyebab Perempuan Rentan Alami Tekanan Psikologis

Pemerhati Perkembangan Anak Usia Dini Wahyu Bramanto menambahkan pentingnya mengembangkan spiritualitas pada individu. “Religius dan spiritual merupakan dua hal yang berbeda. Spiritualitas membuat kita menyadari diri kita adalah spirit yang sama, tidak membedakan laki-laki maupun perempuan,” ungkap Wahyu dalam Talkshow Perempuan dan Kesehatan Jiwa yang diselenggarakan Srikandi Lintas Iman bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UAJY.

Ismu dan Wahyu mengajak masyarakat untuk semakin aktif mengakses layanan psikologi yang tersedia di Puskesmas dan  rumah sakit. Hal ini untuk mendorong kesadaran pemerintah dan pemberi layanan kesehatan akan adanya kebutuhan layanan psikolgis untuk masyarakat. “Kita harus mendorong budaya kesehatan mental,” tegasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Lokadrama ”Lara Ati” dengan Spirit Ludruk yang Egaliter

      + PLUS Lokadrama ”Lara Ati” dengan Spirit Ludruk yang Egaliter

      Lokadrama berjudul Lara Ati, drama berbasis budaya Jawa khas Kota Surabaya, mulai ditayangkan stasiun televisi SCTV pada 15 Agustus 2022. Lokadrama menggabungkan nilai-nilai budaya lokal dengan nilai-nilai universal.

      Berita Terkini

      Daftar 23 Pemain Persis Solo yang Diusung untuk Hadapi Bhayangkara FC

      Persis Solo masih belum diperkuat 4 pilar mereka yaitu Irfan Bachim, Irfan Jauhari, dan Alfath Fathier, karena cedera. Satu pemain lain, M. Shulton Fajar juga masih dalam pemulihan.

      Saksi Kunci, Istri Ferdy Sambo Sudah Diperiksa Polisi

      Kadiv Humas Polri mengatakan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, sudah diperiksa sebagai saksi dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

      Kesehatan Menurun, Kejagung Tunda Pemeriksaan Surya Darmadi Hari Ini

      Kejagung menunda pemeriksaan tersangka dugaan kasus korupsi, pencucian uang, dan penguasaan lahan sawit, Surya Darmadi, karena kondisi kesehatannya menurun.

      Gibran Segera Bersih-Bersih Kawasan Sriwedari Solo Lur, Mulai Penataan?

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut segera melakukan bersih-bersih kawasan Sriwedari, terkait rencana penataan?

      Carlos Fortes Masih Absen, Ini Susunan Pemain PSIS dan Persik Kediri

      Berikut susunan pemain PSIS Semarang kontra Persik Kediri dalam laga lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Kota Semarang.

      Profil Lyodra Ginting yang Viral Gara-Gara Hoaks Teriak Papua Merdeka

      Dikenal sebagai penyanyi yang sanggup melahap nada-nada tinggi, seperti apakah profil Lyodra Ginting? 

      Mau Healing Tapi Ga Punya Uang? Ini Dia Tempat Wisata Gratis di Sragen

      Kabupaten Sragen memiliki destinasi wisata yang cocok bagi semua kalangan terutama yang memiliki dana terbatas. Ada beberapa objek wisata di Sragen yang gratis untuk umum.

      Persis Dibayangi Kalah 5 Kali, Jacksen Waspadai Ini dari Bhayangkara FC

      Pelatih Persis Solo, Jacksen Fereirra Tiago, sebelum pertandingan mengatakan persiapan Persis Solo sangat singkat menjelang laga melawan Bhayangkara FC.

      Sedih! Tidak Punya Seragam, Gibran Enggan Masuk Sekolah

      Seorang siswa SD di Salatiga bernama Gibran enggan masuk sekolah selama sepekan terakhir karena tidak memiliki seragam.

      Cerita Developer Boyolali Bangun Tegalan jadi Rumah Subsidi Kekinian

      Rata-rata rumah subsidi di Boyolali dibangun di lahan luas yang dulunya berupa perkebunan atau tegalan. Developer kemudian menyulapnya menjadi kompleks hunian kekinian.

      Harga Tiket GIIAS 2022 Hari Biasa dan Akhir Pekan Beda

      GIIAS 2022 digelar di ICE BSD City, Tangerang, sejak 11-21 Agustus 2022. Harga tiket GIIAS 2022 dipastikan sama seperti tahun lalu.

      Ditanya Dukung Ganjar Pranowo sebagai Capres, Ini Jawaban Jokowi

      Calon presiden tersebut, menurut Jokowi, harus yang mau melanjutkan program pembangunan, khususnya infrastruktur, yang kini dibangunnya.

      Fabio Quartararo Wajib Tampil Sempurna di MotoGP Austria 2022

      Kesalahan di Sirkuit Assen, Belanda, dan balapan yang berat di Sirkuit Silverstone, Inggris, mebuat Quartararo gagal keluar sebagai juara di dua seri tersebut.

      Lokadrama ”Lara Ati” dengan Spirit Ludruk yang Egaliter

      Lokadrama berjudul Lara Ati, drama berbasis budaya Jawa khas Kota Surabaya, mulai ditayangkan stasiun televisi SCTV pada 15 Agustus 2022. Lokadrama menggabungkan nilai-nilai budaya lokal dengan nilai-nilai universal.

      Putri Sambo Bisa Dijerat Pasal Pembunuhan Berencana dan Laporan Palsu

      Putri Sambo bahkan terancam dengan pasal berlapis mulai dari pembunuhan berencana, penyuapan, hingga laporan palsu.

      Kebakaran Indekos di Tambora Jakarta Barat, 6 Orang Meninggal

      Peristiwa kebakaran indekos di Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat pada Rabu (17/8/2022) mengakibatkan enam orang meninggal dan tiga orang lain mengalami luka bakar.