SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang bakal membuka program studi (prodi) baru pada tahun akademik (TA) 2019/2020. Prodi itu tak lain adalah Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME) Program Sarjana (S1).

Informasi yang diperoleh Semarangpos.com, rencana Untag membuka Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME itu sudah mendapat persetujuan dari Lembaga Layanan (LL) Pendidikan Tinggi (Dikti) Wilayah VI Wilayah VI Jawa Tengah (Jateng).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bahkan LL Dikti melalui kepalanya, Prof. D.Y.P. Sugiharto, telah mengajukan surat permohonan penambahan prodi baru untuk Untag dengan nomor B/891/L6/KL.00.00/2019, yang ditujukan kepada Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) per tanggal 12 Juni 2019.

Rektor Untag Semarang, Prof. Suparno, membenarkan rencana pembukaan Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME pada TA 2019/2020. Bahkan, informasi yang diperolehnya Kemenristekdikti sudah menyetujui rencana itu dengan telah menerbitkan surat keputusan (SK).

“SK-nya baru akan kami ambil pekan depan,” ujar Suparno kepada wartawan di Semarang, Jumat (14/6/2019).

Suparno mengatakan ide untuk membuka Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Y.M.E sebenarnya berasal dari kementerian. Pihaknya mengaku sebelumnya ditawari oleh kementerian untuk membuka prodi yang mempelajari tentang kaum penghayat kepercayaan itu.

“Sebenarnya kami itu dilamar kementerian untuk membuka program itu. Kami dipilih karena pernah ada suatu peristiwa yang melibatkan kaum penghayat di Semarang dan kami [akademisi Untag] yang menangani,” ujar Suparno.

Suparno mengatakan di awal penerapan, pihaknya akan bekerja sama dengan perkumpulan aliran-aliran penghayat yang ada di Semarang.

“Nanti kami akan mengupayakan prodi ini bisa mengakomodasi mahasiswa yang berasal dari perkumpulan penganut penghayat kepercayaan. Jadi akan kita terapkan tahun ini,” imbuhnya.

Suparno mengklaim Untag Semarang menjadi satu-satunya kampus yang memiliki Prodi Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Y.M.E. Prodi baru ini nantinya bakal tergabung dalam Fakultas Bahasa dan Budaya.

Suparno menjelaskan prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME akan diajarkan untuk pembelajaran para mahasiswa Strata-1 (S1). “Kita buka buat S1 dulu, kalau ke depan prospeknya bagus akan dibuka lagi untuk yang S2. Tentunya kami sebagai lembaga pendidikan sangat mengapresiasi langkah kementerian yang berani mengambil terobosan dengan mengizinkan ilmu pendidikan bagi kalangan minoritas,” ujarnya.

Keberadaan penganut aliran Kepercayaan Terhadap Tuhan Y.M.E dewasa ini memang mulai mendapat tempat di kalangan masyarakat maupun pemerintah. Bahkan, pemerintah mulai mengizinkan Kepercayaan Terhadap Tuhan Y.M.E dicantumkan dalam kolom kepercayaan pada kartu tanda penduduk (KTP) milik penghayat kepercayaan sejak pertengahan 2018 lalu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya