Tutup Iklan

Buka Lagi Senin, Pedagang Pasar Harjodaksino Solo Mulai Masukkan Barang Dagangan

Pasar Harjodaksino Solo yang tutu[ sepekan karena ada pedagang yang positif Covid-19 akhirnya akan buka lagi pada Senin (2/11/2020)

 Pedagang pasar memasang MMT ajakan berbelanja ke Pasar Harjodaksino karena sudah terbebas dari Covid-19 di pintu utama Pasar Harjodaksino, Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Solo, Senin (27/7/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Pedagang pasar memasang MMT ajakan berbelanja ke Pasar Harjodaksino karena sudah terbebas dari Covid-19 di pintu utama Pasar Harjodaksino, Kelurahan Danukusuman, Kecamatan Serengan, Solo, Senin (27/7/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengizinkan pedagang Pasar Harjodaksino, Serengan, Solo, kembali berjualan per Senin (2/11/2020) pukul 00.00 WIB.

Pedagang mulai memasukkan barang dagangan sejak Minggu (1/11/2020) siang. Sebelumnya pasar ini terpaksa tutup selama sepekan karena ada pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Lurah Pasar Harjodaksino Solo, Listianto, menjelaskan para pedagang mendapat izin memasukkan barang dagangan, Minggu pukul 12.00 WIB.

Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit Dan Bawang Merah Di Pasar Sukoharjo Naik

Sekitar 10 persen dari total sekitar 1.400 pedagang sudah mulai memasukkan barang hingga pukul 15.00 WIB.

"Pagi ini [Minggu pagi] kami bersama paguyuban pasar dan Satlinmas Serengan melakukan penyemprotan disinfektan. Kami membersihkan tikus yang mati akibat sering terkena disinfektan dan barang dagangan yang busuk sampai pukul 11.00 WIB. Setelah itu pedagang datang,” katanya kepada Solopos.com.

Kecelakaan Mobil Sundul Motor di Jalan Adi Sumarmo Karanganyar, 1 Orang Meninggal

Menurut Listianto, sejumlah barang dagangan milik pedagang Pasar Harjodaksino yang mudah busuk, antara lain buah jambu air dan sayuran.

Protokol Kesehatan

Barang dagang itu tidak diambil pedagang karena berat. Barang dagangan yang sempat dibawa pulang untuk dijual oleh pedagang di pinggir jalan atau dari rumah.

Berkerumun Di Bundaran Gladag Solo Saat CFD Libur, Puluhan PKL Kena Semprit Disdag

“Protokol kesehatan sudah kami terapkan dan kami rutin menggelar ronda masker. Protokol kesehatan akan kami tingkatkan lagi dan memperketat pengawasan supaya tidak ada yang sakit masuk pasar,” katanya.

Ia menjelaskan 60 persen pedagang Pasar Harjodaksino, merupakan warga Kabupaten Sukoharjo, 10 persen warga Solo. Sisanya merupakan warga Karanganyar dan Boyolali.

Anak 7 Tahun Asal Wonogiri Meninggal Dunia Usai Hanyut di Sungai Belik Pucung, Si Ibu Belum Ditemukan

Pengelola pasar sudah memiliki semua nomor telepon dan Whatsapp untuk menyampaikan pengumuman. “Mayoritas sudah sepuh tapi kami punya nomor telepon anaknya sehingga mudah untuk komunikasi. Dulu pasar pernah tutup dan pedagang berdoa sama-sama semoga ini terakhir kali Pasar Harjodaksino terkena Covid-19,” paparnya.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan Kota Solo, Sugeng Budi Prasetyo, menjelaskan Pasar Harjodaksino kembali beroperasi mulai Senin. Pedagang boleh mempersiapkan stok barang sejak Minggu siang.


Berita Terkait

Berita Terkini

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.

Optimalkan Pajak Galian C, Pemkab Klaten Gandeng Desa di Lereng Merapi

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap warga ikut membantu mengendalikan aktivitas pertambangan galian C.

Umur Kurang 1 Bulan, Perempuan Menangis Gagal Daftar Perdes Wonogiri 

Seorang perempuan warga Pokoh Kidul sampai menangis tidak bisa mendaftar perangkat desa sebab umurnya kurang satu bulan.

Pasar Legi Solo Segera Ditempati, Gibran: Aturannya bakal Lebih Ketat!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan membuat aturan baru yang lebih ketat di Pasar Legi untuk mencegah terulangnya kebakaran pada 2018 lalu.

Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Pakar pengupahan yang juga akademisi UNS Solo menilai penetapan UMK 2022 yang berdasarkan PP No 36 lebih berpihak pada kalangan pengusaha ketimbang pekerja.

Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo Terkait Pengetatan Jelang Libur Nataru

SE Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit pada Selasa (30/11/2021) mengatur sejumlah pengetatan aktivitas masyarakat sebagai antisipasi libur Nataru.

Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Pelaku berinisial F, 31, warga Kecamatan Klaten Tengah, ditangkap di rumahnya, Selasa (30/11/2021) pagi.

Keseruan Berebut Ayam dalam Tradisi Mondosio Pancot Tawangmangu

Pelepasan ayam menjadi ciri khas yang hanya ada dalam tradisi Mondosio yang digelar di Dusun Pancot, Kelurahan Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar.

PLN bakal Bangun Stasiun Pengisi Daya Kendaraan Listrik di Solo Baru

PLN menargetkan ekosistem kendaraan listrik di Soloraya terbentuk pada 2026, salah satu upayanya dengan membangun stasiun pengisi daya di Solo Baru, Sukoharjo.