SOLOPOS.COM - Cititrans. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Cititrans, salah satu penyedia transportasi shuttle executive Bandung-Jakarta telah membuka cabang di Ruko Center Point, Jl. Slamet Riyadi, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng).

Cititrans akan melayani beberapa rute, dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Solo, Salatiga, hingga Semarang. "Dengan melayani rute Solo–Yogyakarta, Solo–Salatiga, dan Solo–Semarang, kami yakin akan memberikan jasa transportasi baru yang lebih nyaman untuk perjalanan warga Solo," jelas CEO Cititrans, Andrew Arristianto.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Harga yang ditawarkan Cititrans juga cukup bersaing, yakni mulai dari Rp35.000 dari Solo ke DIY. Cititrans juga memberikan kenyamanan dan keaman ekstra. Cititrans memberikan layanan yang cukup eksekutif kepada penggunanya dalam menikmati perjalanan.

Shuttle yang digunakan Cititrans memiliki kursi captain seat dan memiliki port USB sebagai penunjang kegiatan penumpang dalam menggunakan gadget dalam perjalanan.

Di samping itu, Cititrans terus mengembangkan tingkat keamanan, seperti kendaraan yang selalu rutin menjalani pemeriksaan, baik sebelum berangkat dan sampai di tujuan.

Selain itu, di setiap armada Cititrans memiliki kamera CCTV yang membuat penumpang tak perlu khawatir soal keamanan. Cititrans memiliki jadwal yang cukup fleksibel.

Selalu ada keberangkatan dari Solo ke Semarang, Salatiga, dan DIY setiap jam dari pukul 05.00 hingga pukul 22.00. Hebatnya, Cititrans akan berangkat meski hanya ada satu penumpang.

Untuk pemesanan tiket Cititrans, bisa dilakukan secara online di laman Cititrans.co.id atau melalui aplikasi Cititrans. Pemesanan tiket juga bisa dilakukan melalui call center di nomor 0804-1111-000 atau melalui Whatsapp di nomor 081290111105. (BC)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Anggaran Pilkada Klaten 2024 Capai Rp68 Miliar, Belum termasuk Keamanan

Anggaran Pilkada Klaten 2024 Capai Rp68 Miliar, Belum termasuk Keamanan
author
Suharsih Senin, 29 April 2024 - 15:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Klaten. (Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KLATEN — Anggaran penyelenggaran Pilkada Klaten 2024 yang dialokasikan sebagai dana hibah dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Klaten 2024 mencapai Rp68 miliar. Anggaran itu belum termasuk untuk keamanan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, menjelaskan anggaran tersebut dibagi untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) senilai Rp52 miliar dan untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) senilai Rp16 miliar.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Itu sudah dialokasikan. Ini khusus Bawaslu dan KPU. Untuk pengamanan ada anggaran sendiri,” kata Jajang saat ditemui wartawan di Gedung Sunan Pandanaran Klaten, Senin (29/4/2024).

Jajang mengatakan anggaran yang dialokasikan untuk Pilkada Klaten 2024 itu berdasarkan usulan dari KPU serta Bawaslu sesuai kebutuhan. Dia berharap tidak ada perubahan nilai anggaran dari yang sudah dialokasikan.

Koran Solopos

“Prinsipnya kami berdasarkan usulan KPU dan Bawaslu. Dari semua usulan sudah ada rasionalisasi, tidak ada perubahan. Kami berharap anggaran ini sudah mencakup semuanya karena yang tahu kebutuhannya KPU dan Bawaslu,” ungkap Jajang.

Ditemui beberapa waktu sebelumnya, Ketua KPU Klaten, Primus Supriono, menjelaskan anggaran Pilkada Klaten 2024 untuk KPU senilai Rp52 miliar. Anggaran itu digunakan untuk membiayai seluruh tahapan penyelenggaran Pilkada. “Semua anggaran dari APBD,” kata Primus.

Tahapan Pilkada Klaten 2024 sudah bergulir sejak beberapa waktu lalu. Saat ini, KPU tengah menggelar rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan bakal dilanjutkan rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Emagazine Solopos

Sementara itu, pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati bakal dibuka pada 27-29 Agustus 2024, dilanjutkan penetapan pasangan calon pada 22 September 2024. Jadwal kampanye pasangan calon ditetapkan pada 25 September-23 November 2024.

Pemungutan suara bakal digelar pada 27 November 2024 dilanjutkan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara 27 November hingga 16 Desember 2024.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Marah Diminta Parkir Rp15.000, Warga Bandung Tembak Juru Parkir di Banyumas

Marah Diminta Parkir Rp15.000, Warga Bandung Tembak Juru Parkir di Banyumas
author
Imam Yuda Saputra Senin, 29 April 2024 - 15:09 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat menggelar jumpa pers di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), Senin (29/4/2024). (Solopos.com-Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, BANYUMAS – Aparat Polresta Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), meringkus pelaku penembakan juru parkir di Hotel Braga, Kabupaten Banyumas, Sabtu (27/4/2024). Pelaku penembakan berinisial AYR, 32, warga Kelurahan Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), yang berdomisili di Desa Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja, Banyumas.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan kasus penembakan itu terjadi pada Sabtu dini hari. Kasus itu bermula saat korban bernama Fajar Subekti, 35, warga Desa Karangsari, Kecamatan Kembaran, Banyumas, meminta tagihan parkir sebesar Rp15.000 kepada tersangka.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Jadi ketika di area parkir, pelaku AYR bersama tiga temannya hendak keluar dengan menggunakan kendaran. Ketika di portal parkir, petugas parkir menanyakan kartu parkir dan menyampaikan tagihan parkir sebesar Rp15.000. Namun, pelaku hanya memberikan uang Rp7.000 serta tidak bisa menunjukkan kaartu parkir, sehingga diminta untuk menunggu karena portal parkir tidak bisa dibuka,” kata Kapolda saat menggelar jumpa pers di Aula Rekonfu Polresta Banyumas, Senin (29/4/2024).

Oleh karena tidak terima diminta menunggu, pelaku kemudian keluar dari mobilnya sambil mengeluarkan senjata api. Pelaku kemudian menembakan senjata api ke arah juru parkir itu hingga mengenai dada kanan dan kiri. Akibat luka tembakan itu, korban pun meninggal dunia.

Koran Solopos

“Motifnya pelaku emosi dan tidak terima karena disuruh menunggu. Pelaku kemudian menggunakan senjata api rakitan jenis revolver dan menembakkan ke arah korban dua kali,” ujar Kapolda.

Atas perbuatannya itu, pelaku pun diringkus aparat Satreskrim Polresta Banyumas bersama tim Unit Gegana Brimob Polda Jateng. Penangkapan dilakukan di sebuah kamar hotel di Jl. A. Jaelani, Karangwangkal, Purwokerto Utara, Banyumas.

Selain tersangka, polisi juga meringkus dua orang lainnya berinisial RN dan AK. Keduanya ditangkap karena menyediakan senjata api rakitan jenis revolver kepada tersangka.

Emagazine Solopos

“Senjata didapat pelaku dari membeli kepada dua tersangka lain. Jadi jumlah tersangka ada tiga orang, yakni AYR, RN, dan AK,” ujar Kapolda.

Dari penangkapan itu, polisi juga menyita satu pucuk senjata api jenis Revolver rakitan berisi 5 butir peluru kaliber 9 mm, satu pucuk senpi rakitan jenis Revolver berisi NAA kaliber 22 mm, 1 pucuk senapan air gun PCP merik Venus kaliber 177/4,5 mm, 1 pucuk air gun laras pendek, 38 butir peluru kaliber 9×19 mm, 85 butir peluru hampa kaliber 5,6 atau 22 mm, 57 butir peluru tajam kaliber 5,6 atau 22 mm, 3 proyektil kaliber 9 mm, satu unit kendaraan merk Honda Jazz, satu buah HP merek Samsung, dan 2 proyektil peluru.

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Mengenal Tari Rangkuk Alu dari NTT yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Mengenal Tari Rangkuk Alu dari NTT yang Jadi Google Doodle Hari Ini
author
Astrid Prihatini WD Senin, 29 April 2024 - 15:09 WIB
share
SOLOPOS.COM - Google Doodle Tari Rangkuk Alu. (Google)

Solopos.com, SOLO-Google Doodle hari ini, Senin (29/4/2024), menampilkan Tari Rangkuk Alu di halaman depan Google. Namun apa itu Tari Rangkuk Alu dan mengapa sampai ditampilkan di Google Doodle hari ini?

Sebagaimana diketahui, Google merayakan berbagai momen spesial dengan menampilkan gambar atau ilustrasi tertentu di halaman depan mesin pencari Google yang dinamakan Google Doodle.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Seperti hari ini, Tari Rangkuk Alu menjadi Google Doodle yang menyemarakkan halaman depan mesin pencari terpopuler itu yakni dalam bentuk gambar animasi atau gambar bergerak.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (29/4/2024), Tari Rangkuk Alu sendiri merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang berasal dari Kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tarian ini awal mulanya merupakan permainan tradisional masyarakat di sana.

Koran Solopos

Dikutip dari situs resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, dijelaskan bagaimana permainan yang ada pada Tari Rangkuk Alu tersebut.

Dalam permainan ini, bambu akan disusun dan dimainkan dengan cara diayunkan seperti menjepit oleh beberapa orang pemain. Salah satu atau dua dari pemain akan melompat-lompat menghindari jepitan dari bambu ini.

Pada saat melompat-lompat menghindari jepitan, para pemain seakan melakukan gerakan tari. Dari situlah awal terbentuknya dari gerakan dasar Tari Rangkuk Alu ini.

Emagazine Solopos

Gerakan para penari dan pemain bambu ini kemudian dipadukan dengan irama musik serta lagu daerah sehingga akan menghasilkan seni yang khas, yakni Tari Rangkuk Alu.

Dahulunya, tarian ini sering ditampilkan pada saat usai panen raya dan pada saat bulan purnama. Disaat itulah para remaja berkumpul dan juga meramaikan acara ini.

Lalu mengapa Tari Rangkuk Alu jadi Google Doodle hari ini?

Interaktif Solopos

Kendati demikian belum ada keterangan resmi Google mengapa menjadikan Tari Rangkuk Alu sebagai Google Doodle hari ini. Namun seperti sebelum-sebelumnya, Google Doodle hari ini ingin merayakan kesenian tersebut.

Google doodle ini hanya muncul di Indonesia dan ketika pengguna mengklik ikon doodle di halaman awal pencarian, maka pengguna akan disajikan dengan aneka artikel mengenai Tari Rangkuk Alu.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories