SOLOPOS.COM - Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (23/6/2020). (Solopos/JIBI/Himawan L Nugraha)

Solopos.com, JAKARTA–Dua emiten saham PT Bukalapak.com (BUKA) dan PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengalami auto reject bawah (ARB) selama 5 hari berturut-turut.

Pada Jumat (13/5/2022), saham Bukalapak menyentuh batas bawah dengan terkoreksi 6,21% dan terparkir di level Rp272.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu menutup perdagangan pekan ini dengan rentetetan ARB sejak 9 hingga 13 April.

Dalam sepekan, saham BUKA telah amblas 28,80% atau turun dari posisi Rp356 per saham pada awal pekan ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Di saat yang sama, saham GOTO juga mencatatkan penurunan secara signifikan hingga 28,68% dalam sepekan.

Baca Juga: Saham GOTO Ambrol ke Level Rp194, Ini Penyebabnya

Saham emiten teknologi itu jatuh dari posisi Rp254 per lembar pada 9 April menjadi Rp194 pada penutupan pekan ini.

Analis Kanaka Hita Solvera (KHS) William Wibowo mengatakan saham BUKA & GOTO saat ini masih di fase downtrend. Hal ini disebabkan karena secara fundamental GOTO masih membukukan rugi bersih yang menyebabkan kekhawatiran investor untuk berinvestasi di GOTO.

Untuk BUKA, lanjutnya, memang di kuartal I/2022 sudah berhasil membukukan laba bersih yang positif, namun mengingat tekanan jual yang besar di market serta kekhawatiran BUKA akan bernasib sama seperti GOTO menyebabkan harga sulit untuk kembali rebound.

“Sentimen negatif lainnya untuk kedua emiten ini adalah katalis negatif dari kenaikan tingkat suku bunga the Fed yang membawa saham-saham teknologi di Amerika berguguran sehingga memberikan dampak negatif bagi psikologis investor di Indonesia di saham teknologi,” katanya Jumat (13/5/2022).

William mengatakan support penting BUKA saat ini berada di level Rp258, sedangkan untuk GOTO support selanjutnya berada di level psikologis Rp174 dan Rp150.

Baca Juga: Saham GOTO dan BUKA Anjlok, IHSG Merah

“Kami sarankan untuk para investor ingin beli saham GOTO & BUKA untuk menunggu penurunan harga yang semakin terbatas & indikasi adanya trend reversal, barulah para investor bisa mulai mencicil entry di kedua emiten ini,” pungkasnya.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Kompak! Bukalapak (BUKA) dan Gojek Tokopedia (GOTO) ARB 5 Hari

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya