Buka-Bukaan Woro Mustiko, Kontestan Indonesian Idol Asal Solo yang Sukses Menarik Perhatian Juri
Seniman muda asal Solo, Woro Mustiko (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Nama seniman muda asal Solo, Woro Mustiko, 18, makin dikenal setelah tampil ciamik di ajang audisi menyanyi Indonesian Idol. Penampilan Woro yang “berubah total” dari awalnya menyanyi keroncong dan mendalang, berganti menyanyikan lagu La Vie En Rose, sukses mendapat pujian dari juri.

Rupanya, penyanyi yang piawai nyinden, mendalang, dan menari itu telah berulang kali diajak kolaborasi bersama pegiat seni di tingkat nasional. Sebut saja Erwin Gutawa, Noah, Sujiwo Tejo, dan tentu saja sang budhe Endah Laras.

Konsistensi Woro Mustiko menekuni budaya Jawa bahkan diganjar penghargaan berupa Anugerah Kebudayaan Indonesia 2017 Kategori Anak dan Remaja : Woro Mustiko Siwi.

Viral Donor Plasma Convalescent untuk Pengobatan Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Ganjar Pranowo

Woro saat berbincang dengan Solopos.com dalam program live Instagram @koransolopos, Jumat (4/12/2020), mengaku perhatian juri terhadap seni tradisi yang dia bawakan sesuai dengan misinya.

Woro Mustiko memang ingin mengenalkan seni tradisi ke masyarakat luas khususnya anak muda. “Saya ingin mengajak semua orang bisa menikmati dan mencintai seni tradisi, syukur-syukur mau belajar. Jangan sampai kita nanti malah belajar wayang, ndalang dari negara lain,” kata dia.

Putri sulung dari dua bersaudara ini buka-bukaan bagaimana darah seni mengalir dalam dirinya. Sang kakek merupakan dalang kondang, sementara menurut cerita, buyutnya adalah seniman Keraton Kasunanan.

BPPTKG Ungkap Dampak Aktivitas Guguran Lava Gunung Merapi

Ikut Kakek Mendalang

Sejak kecil dirinya sering “dicekoki” dengan seni tradisi oleh keluarga besarnya. Misalnya ikut Sang Kakung mendalang, sinau nyinden, dan lainnya.

Tanpa sadar Woro Mustiko pun ikut mencintai seni tradisi. Potensi Woro mulai terlihat sejak kecil, namun dirinya mantap berkarya di usia sembilan tahun saat diajak kolaborasi oleh Erwin Gutawa.

“Kalau ditanya nari, nembang, dan dalang ya semua suka. Tapi kalau ditanya tantangan terberat ya dalang. Di dalang itu kita kudu bisa nembang, gerakin wayang juga, jadi semua harus bisa,” tambahnya.

Cerita di Balik Penembakan Mobil Bos Duniatex: Sengketa Lahan 1 Hektare hingga Utang Rp16 Miliar

Meski suka seni tradisi, dia tak lantas menutup mata dengan budaya lain. Di rumah, Woro, juga menyukai musik Korea, India, dan negara lain.

Woro Mustiko juga terus mengeksplorasi diri dengan mencoba musik lain. Misalnya dengan menjawab tantangan Dewan Juri Indonesian Idol Special Season untuk membawakan lagu pop. Saat sesi eliminasi I Indonesian Idol 2020 lalu dirinya bahkan fasih menyanyikan lagu Prancis.

Eksplorasi diri juga dilakukan di masa pandemi ini. Lantaran kegiatan dibatasi, Woro lebih banyak pentas secara daring. Selain itu, ke mana-mana dia selalu membawa masker, mengusahakan jaga jarak, dan rajin mencuci tangan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom