SOLOPOS.COM - Ilustrasi petani tembakau. (Solopos/Dok)

Ilustrasi Petani merawat tanaman tembakau (Dok/JIBI/Solopos)

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG—Delapan kelompok petani tembakau asal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, melakukan studi banding ke daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, guna meningkatkan mutu dan hasil panen tanaman tembakau setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Ngawi, Ervan Cahyono, Jumat, mengatakan, studi banding dilakukan pada akhir Agustus lalu dan menjadi agenda penting tiap tahun bagi petani tembakau setempat untuk meningkatkan tanaman tembakau yang ditanam.

“Tujuan studi banding, agar para petani tembakau yang diwakili delapan kelompok tani dari tiga kecamatan penghasil tembakau, dapat menambah wawasan tentang tembakau itu sendiri,” ujar Ervan Cahyono kepada wartawan.

Ia mengharapkan para petani tembakau Ngawi nantinya mampu memaksimalkan teknis penanaman tembakau sejak dini sehingga hasil panen yang didapat lebih baik.

“Dipilihnya Kabupaten Temanggung sebagai lokasi studi banding, karena daerah tersebut telah dikenal sebagai penghasil tembakau yang baik. Hal itu ditunjukkan dengan sukses melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan rokok besar di Tanah Air,” katanya.

Data dinas terkait menyebutkan jumlah lahan tembakau di Kabupaten Ngawi saat ini mencapai 2.797,31 hektare yang terdiri dari 1.110,31 hektare untuk tembakau RAM (Tembakau Madura) dan 1.687 hektare untuk Tembakau Jawa (Lokal).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya