Tutup Iklan
BUDIDAYA IKAN : Keberhasilan Mina Papilon Motivasi Pembudidaya Ikan di Temanggung
Ilustrasi (JIBI/dok)

Budidaya ikan hias di Temanggung berhasil dilakukan kelompok Mina Papilon.

Solopos.com, TEMANGGUNG- Keberhasilan usaha budi daya ikan hias kelompok Mina Papilon Kelurahan Parakan Kauman Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mampu memotivasi pembudidaya ikan lain untuk mengembangkan ikan hias.

"Oleh karena itu kelompok ini ditetapkan sebagai pusat pelatihan mandiri kelautan dan perikanan, secara rutin setiap tahunnya para pembudidaya ikan belajar mengenai berbagai aspek budi daya ikan hias di sini," kata Wakil Bupati Temanggung, Irawan Prasetyadi di Temanggung, Selasa (20/10/2015).

Ia mengatakan hal tersebut saat menerima Tim Penilai Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Perikanan Budi Daya Tingkat Nasional Tahun 2015 di Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Mina Papilon.

Selain itu, katanya kegiatan budi daya ikan hias di Mina Papilon juga mampu menarik perhatian pembudidaya dari daerah lain baik dari Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah untuk melakukan studi banding ke Pokdakan Mina Papilon.

Irawan mengatakan kegiatan budi daya perikanan yang dilaksanakan di Kabupaten Temanggung meliputi pembenihan ikan sampai pembesaran ikan dengan komoditas unggulan adalah ikan lele, nila dan mas.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan untuk mendukung pengembangan pemasaran dan pengolahan hasil perikanan serta pengembangan perikanan budi daya nonkonsumsi berupa kegiatan budi daya ikan hias.

Ia menuturkan dalam beberapa tahun terakhir ini pengembangan budi daya ikan hias di Kabupaten Temanggung cukup menggembirakan dengan produksi per tahun mencapai 1.310.000 ekor dari pembudidaya ikan hias sebanyak 30 orang.

Dalam upaya mengembangkan budi daya ikan hias, Pemkab Temanggung melakukan pembinaan langsung ke kelompok-kelompok dan memfasilitasinya dengan bantuan prasarana dan sarana produksi perikanan antara lain pembangunan prasarana fisik, pengadaan peralatan, induk ikan dan pakan ikan.

"Kegiatan-kegiatan tersebut selain dibiayai dari APBN Kabupaten Temanggung juga mendapat dukungan dana dari pemerintah pusat serta dari APBD Provinsi Jateng," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho