SOLOPOS.COM - Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Youtube/Mata Najwa).

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan jadi Menhub (Menteri Perhubungan) interim. Hal ini, berkenaan dengan kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang positif virus corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Sabtu (14/3/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pratikno mengatakan mengapresiasi kinerja Kementerian Perhubungan di tengah wabah virus corona. Menurutnya, Budi punya jam terbang tinggi dalam mengantisipasi wabah virus corona.

"Tugas-tugas beliau memang terdepan, dan menjadi bagian penting dalam penanganan wabah virus corona. Kerja keras beliau luar biasa," katanya.

Pratikno mengatakan mengingat pentingnya tugas Menhub, Presiden juga sudah menugaskan Menko Maritim dan Investasi untuk menjadi Menteri Perhubungan interim.

"Presiden menugaskan Menko Maritim dan Investasi jadi Menteri Perhubungan interim," katanya.

Pratikno menambahkan begitu mendapatkan laporan status Budi Karya Sumadi, Presiden meminta seluruh jajaran meminta bekerja keras agar masyarakat dapat terlindungi.

Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya mengatakan seizin pimpinan dan seizin keluarga dari pasien nomor 76 yang sudah disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk covid-19.

“Benar pada saat ini pasien kalau tidak salah nomor 76 [Budi Karya Sumadi] sedang dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto dan dengan beberapa underlying disease dan juga hasil laboratorium confirm untuk Covid-19,” katanya.

Penunjukan Luhut Pandjaitan jadi Menhub interim ini berlaku hingga Budi Karya Sumadi bisa aktif bekerja kembali.

Budi Karya Sumadi tercatat terlibat aktivitas penanganan dampak virus corona. Di antaranya, dia pernah ikut dalam penyambutan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Kapal Diamond Princess beberapa waktu lalu.

Rapat Terbatas 11 Maret

Sebelumnya, Juru Bicara Wabah Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, mengatakan Menhub Budi Karya Sumadi belum positif terdeteksi virus Corona atau Covid-19. Mulanya awak media menanyakan soal kondisi Budi yang kabarnya tengah diisolasi.

"Pak, Menhub lagi diisolasi kan?" kata awak media kepada Achmad saat ditemui di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2020), dilansir Suara.com.

Kabar yang tersiar, ada rapat terbatas (ratas) kabinet pada 11 Maret 2020 dan dihadiri oleh Budi Karya Sumadi. Sedangkan diketahui bahwa sudah dua pekan Budi Karya lebih banyak tidak tampak beraktivitas di kantornya.

Artinya, Menhub menghadiri rapat tiga hari sebelum diumumkan positif corona. Kebetulan saat itu, Budi Karya Sumadi duduk di antara Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya