SOLOPOS.COM - Membaca buku

Budaya membaca Solo, minat baca wong Solo kalah dengan Internet

Solopos.com, SOLO–Minat membaca buku di kalangan warga Solo mulai dikalahkan dengan kemajuan teknologi informasi. Mereka cenderung menggunakan media internet ketimbang membaca buku. Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) menyiapkan strategi khusus untuk meningkatkan minat baca tersebut. Salah satu upayanya menggelar lomba resensi buku untuk memerangi dampak negatif kemajuan teknologi dengan total hadiah Rp30,9 juta.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Minat baca cenderung menurun. Setidaknya ini terindikasi dari kunjungan masyarakat ke perpustakaan,” kata Kepala Arpusda, Sis Ismiyati kepada wartawan saat jumpa pers di Bagian Humas dan Protokol Setda Solo, Rabu (19/8/2015).

Ismi, sapaan akrabnya menyebutkan berdasarkan data 2014, rata-rata jumlah kunjungan masyarakat ke perpustakaan hanya 300 orang per bulan. Minimnya jumlah kunjungan ini merangsang Pemkot untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Selain itu merangsang masyarakat untuk budaya menulis. Upaya yang akan dilakukan Pemkot di antaranya dimanivestasikan dengan gelaran lomba resensi buku. Lomba resensi ini dibagi dalam tiga kategori, yakni tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan perguruan tinggi (PT). Ismi mengatakan panitia menyediakan 30 judul buku setiap kategori sebagai bahan menyusun resensi. “Buku tersebut baik fiksi maupun nonfiksi,” imbuhnya.

Ismi mengatakan karya resensi diserahkan kepada panitia paling lambat pada 30 September mendatang dalam bentuk soft ataupun hard copy. Sedangkan hasil lomba diumumkan pada 25 Oktober. Ismi mengatakan peserta lomba terbuka untuk umum se-Soloraya. Panitia menyiapkan hadiah berupa uang, piagam dan juga trophy. Besaran uang pembinaan diberikan kepada pemenang bervariasi.

“Total hadiah yang kami siapkan Rp30,9 juta. Perincian Rp6.150.000 untuk kategori SMP, Rp9.750.000 kategori SMA dan Rp15 juta kategori PT,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya