SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Rokan Hilir–Warga Kepenghuluan Harapan Jaya, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, menangkap seekor buaya jenis Tomistoma schlegelii (buaya ikan) dengan panjang 5,5 meter.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah penduduk setempat, Sabtu (5/6), buaya yang ditangkap oleh warga di perairan Sungai Pedamaran, Kecamatan Rimba Melintang, pada Jumat (4/6) diduga telah memangsa seorang anak berusia 17 tahun yang hilang sejak beberapa pekan sebelumnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Kepolisian Resor Rokan Hilir, Ajun Komisaris Besar Bambang Sudarmaji ketika dimintai konfirmasi membenarkan bahwa warga setempat berhasil menangkap buaya itu dengan menggunakan dua buah pancing dan jala di perairan Sungai Pedamaran Jumat pukul 10.00 WIB.

“Namun, sangat disayangkan, di tengah perjalanan buaya itu mati,” katanya. Warga, kata Bambang, lantas membedah isi perut makhluk buas tersebut dan menemukan tulang belulang yang mirip dengan tulang manusia.

Kapolres mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan temuan itu apakah tulang manusia atau binatang karena harus melalui pemeriksaan dari tim kedokteran setempat.

“Untuk memastikannya, buaya tersebut dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau dan dilakukan pemeriksaan terhadap tulang-tulang yang ada di dalam perutnya,” katanya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hilir Tugiman Marto menerangkan, penangkapan dan pembedahan terhadap buaya tersebut sudah dilaporkan kepada pihak balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) setempat.

“Langkah pembedahan atas buaya tersebut sebelumnya sudah mendapat izin dari BKSDA setempat karena bagaimanapun buaya itu merupakan hewan langka yang masuk dalam daftar perlindungan negara,” kata Marto menegaskan.

kompas.com/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya