Kategori: Bisnis

Buat Rumah Lebih Cozy Dengan Tips Berikut


Solopos.com/Nana Krisdianti

Solopos.com, SOLO –  Beberapa waktu terakhir bahkan beberapa waktu yang akan datang, kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama pandemi virus Covid-19 belum berakhir. Kita tidak dapat mengontrol apa yang terjadi di luar sana, namun setidaknya kita bisa mengontrol ruangan di dalam rumah kita.

Mendekor ulang interior, meski hanya melakukan perubahan kecil akan sangat berdampak positif terhadap kesehatan mental penghuninya. Berikut lima tips dari hellogiggles.com untuk menciptakan rumah lebih cozy.

Decluttering
Mulai dengan decluttering atau menyingkirkan barang yang kurang penting. Bahkan yang membuat rumahmu terlihat kacau. Rumah yang berantakan dan terlihat kacau akan memberi efek negatif pada diri penghuni. Misalnya, timbulnya perasaan tidak bahagia. Bahkan, jika kekacauan terjadi secara berlebihan sangat berpengaruh terhadap psikologis penghuninya.

Ini Tips Membeli Properti Agar Tidak Menyesal Belakangan

Maka dari itu, decluttering merupakan salah satu langkah tepat untuk dilakukan untuk menciptakan lebih banyak kedamaian dan kenyaman serta menghilangkan depresi ketika harus tetap tinggal di rumah untuk beberapa lama. Baiknya jangan menunggu waktu lagi, segera kerjakan.

Pilih warna yang menenangkan
Banyak teori yang menyebutkan pemilihan warna tertentu dapat mempengaruhi perasaan. Contoh warna merah, kuning, dan oranye akan memberi warna yang lebih energik. Sedangkan warna biru dan hijau akan memberi kesan warna menenangkan. Dengan mengetahui fungsi-fungsi warna tersebut kita dapat mengetahui penempatan warna untuk ruangan.

Pencahayaan
Cahaya alami sangat baik untuk kesehatan, cahaya matahari mampu menyuplai banyak vitamin D, menangkal depresi, mengurangi risiko berbagai penyakit, bahkan terapi untuk mudah tidur.

Inilah Tren Desain Interior 2021 Menurut Para Ahli

Memaksimalkan cahaya alami sangat bermanfaat di rumah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan rajin membuka tirai jendela, menambah cermin agar dapat memantulkan cahaya, bahkan dapat memindahkan meja kerja di depan jendela.

Tambah elemen alami
Sebuah studi menyebutkan perasaan positif manusia sangat erat korelasinya dengan elemen alam seperti air, udara, tanah, cahaya, dan tanaman. Dalam hal ini penambahan tanaman merupakan hal sederhana namun penting dilakukan saat mendekorasi ruangan agar terlihat lebih cozy atau nyaman. Bahkan  diyakini, memiliki bunga di rumah akan meringankan perasaan cemas.

Aroma menenangkan
Aromaterapi akan membantu meredakan stres, perasaan cemas, dan mengurangi beberapa gejala sakit. Di antaranya mual, atau lebih singkatnya aromaterapi dapat mengatur suasana hati.

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma