Tutup Iklan

Buat Poster Kewirausahaan, Mahasiswa UNS Sabet 2 Gelar di Aection 3.0

Mahasiswa prodi Pendidikan Sejarah UNS Surakarta, Fiska Amanda Mulia, menyabet dua gelar pada Poster Competition di gelaran Akmapesa Economic Competition (Aection) 3.0 IPB.

 Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, menunjukkan piala juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Aection 3.0 IPB. (istimewa)

SOLOPOS.COM - Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, menunjukkan piala juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Aection 3.0 IPB. (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, menyabet dua gelar, yakni juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Akmapesa Economic Competition (Aection) 3.0 Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lomba tersebut salah satu dari tiga cabang yang diperlombakan di ajang yang digelar tiap tahun. Fiska, sapaan akrabnya, dinyatakan menang melalui poster berjudul “Pentingnya Jiwa Entrepreneurship pada Generasi Milenial dengan Menciptakan Produk Kreatif”.

Poster tersebut dianggap mampu merepresentasikan tema Aection 3.0 yaitu Generasi Kreatif Pembangun Ekonomi Menuju Indonesia Gemilang. Fiska mengaku senang atas raihannya ini. Selain senang karena puas, Fiska mengatakan dapat menyalurkan pemikirannya tentang dunia kewirausahaan yang dia tekuni.

Baca Juga : Menko Airlangga Ajak Anggota ASEAN Membangun Ekonomi Digital

“Perasaan saya Alhamdulillah senang karena bisa menuangkan ide, gagasan, dan harapan dalam sebuah poster. Kebetulan tema posternya sesuai dengan latar belakang saya sebagai seorang wirausaha,” ujar Fiska saat dihubungi tim uns.ac.id, Rabu (13/10/2021).

Mahasiswi asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah tersebut memang sudah menekuni dunia wirausaha sejak 2017 lalu. Dia memiliki usaha di bidang kuliner yakni memproduksi aneka macam bronis.

Kue bronis yang dia beri nama Bronislur itu terbilang cukup sukses bahkan omset meningkatkan di tengah pandemi Covid-19. Usaha tersebut juga mendapat pendanaan dari Program Mahasiswa Wirausaha Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Baca Juga : Selamati Piala Thomas, Jokowi Disinggung Soal Sanksi WADA

Pengalaman sebagai wirausahawan membuatnya tergerak untuk membuat poster ini. Sejumlah informasi, tips, dan trik tentang wirausaha dibeberkan dalam poster buatannya. Dalam poster tersebut, Fiska mengajak generasi milenial untuk menjadi wirausaha dengan memanfaatkan media sosial.

Dengan adanya poster tersebut, Fiska berharap banyak pemuda yang mengikuti jejaknya sebagai wirausahawan. “Harapan saya dari poster ini semakin menambah semangat generasi milenial untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan Republik Indonesia dengan cara menjadi young entrepreneur. Jadi, siapkah kami menjadi generasi milenial yang mengambil bagian untuk mempercepat laju perekonomian Indonesia?” tukasnya.

Kemenangan Perdana

Capaian Fiska kali ini merupakan kemenangan pertamanya di lomba poster. Fiska mengaku telah mengikuti puluhan lomba poster, tapi tidak berhasil mendapatkan predikat. Dengan pantang menyerah dan usaha keras, Fiska akhirnya dapat memenangkan lomba poster kali ini.

Baca Juga : Tumbangkan Wakil China, Anthony Ginting Sempat Degdegan

“Ini kali pertama saya juara lomba poster tahun ini setelah ada 10 kali gagal. Latar belakang saya memang bukan anak seni, jadi bikin poster hanya iseng-iseng. Sehingga saya banyak kalahnya pas ikut lomba poster. Alhamdulillah kali pertama di tahun ini juara lomba poster sekaligus dua kategori, juara 2 dan juara favorit,” pungkasnya.

Kendati demikian, Fiska dikenal sebagai mahasiswa dengan segudang prestasi. Beberapa prestasi Fiska di antaranya juara 1 UMKM Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB), juara 2 Inovasi Bisnis UMKM Berbasis Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan Institut Teknologi Kalimantan.

Selain itu, juara 2 Lomba Infografis Tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Fiska juga menjadi juara 2 Business Plan Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh UNS dan juara 2 Kompetisi Inovasi Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan UNS Fintech Center.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kisah Wanita 74 Tahun Menikah dengan Sapi, Ternyata Ini Alasannya

Seorang perempuan berusia 74 tahun secara mengejutkan menikahi seekor sapi yang telah menciumnya.

Dirilis! Ini Daftar Lengkap UMK Kota dan Kabupaten se-Jawa Tengah 2022

Berikut ini terdapat daftar upah minimum kabupaten/kota (UMK) se-Jawa Tengah 2022 yang ditetapkan Gubernur Ganjar Pranowo.

Solopos Hari Ini: UMK Tak Jauh dari UMP

Di Solo, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka akhirnya menandatangani UMK 2022 yang hanya naik sekitar Rp21.000 dari tahun sebelumnya.

Sejarah Hari Ini : 1 Desember 1941, Jepang Putuskan Perang Lawan AS

Keputusan Jepang berperang melawan Amerika Serikat dalam Perang Dunia II menjadi salah satu peristiwa yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 1 Desember.

Catat! Objek wisata Kawasan Gunung Rinjani Tutup Sampai Maret 2022

Objek wisata alam di kawasan Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditutup dari 29 November 2021 sampai 31 Maret 2022.

Jambret Dibekuk Berkat Aksi Berani Pemotor Nabrak dari Belakang

Pengendara sepeda motor itu menabrak kendaraan kedua pelaku yang baru saja merampas handphone milik seorang pelajar yang berjalan ke sekolah.

Tragedi Bekasi: Dendam lalu Memutilasi Teman Jadi 10 Bagian

Kepolisian mengungkapkan kasus pembunuhan disertai mutilasi terhadap seorang pria berinisial RS yang jasadnya dibuang di Kabupaten Bekasi, bermotif dendam.

Peredaran Sabu-Sabu 100 Kilogram Digagalkan Polda Aceh

Peredaran narkoba jenis sabu-sabu dengan berat mencapai 100 kilogram digagalkan Direktorat Reserse Narkoba Polda Aceh.

Sopir Melawan Arus di Tol Alami Demensia, Ini Penjelasannya

Demensia disebabkan oleh rusaknya sel saraf dan hubungan antar saraf pada otak.

Jadi Tersangka, Sopir Pikun yang Melawan Arah di Tol Tak Ditahan

Sopir Mercy tersebut tidak ditahan dikarenakan yang bersangkutan mengidap demensia atau penurunan daya ingat alias pikun.

Korban Penembakan Ipda OS di Exit Tol Bintaro Mengaku Wartawan

Namun, Zulpan belum bisa menjelaskan lebih lanjut mengenai pengakuan korban soal status wartawan tersebut.

Terbelit Utang, Keluarga Polisi Diusir Puluhan Preman

Pengusiran yang terjadi pada awal Oktober 2021 itu membuat R dan keluarganya harus berpindah-pindah tempat tinggal.

Melindungi Orang yang Terancam, Polisi Tembak Mati Pengganggu

Satu orang yang ditembak bernama Poltak Pasaribu meninggal dunia saat menjalani perawatan di RS Kramat Jati, Minggu (28/11/2021) sedangkan satu lainnya menderita luka dan dalam perawatan.

Dinilai Luwes, Partai Nasdem Masuk 3 Besar Parpol

Survei yang dilakukan oleh New Indonesia Research & Consulting menunjukkan Partai Nasdem berhasil masuk ke barisan tiga besar partai politik di Tanah Air dengan elektabilitas mencapai 9,3 persen.

Giliran Mahasiswi Unsri Ngaku Dilecehkan Dosen Skripsi

Selain korban DR tersebut, Masnoni membenarkan ada dua orang mahasiswi lain yang menjadi korban pelecehan seksual dari oknum dosen di kampusnya.

Covid-19 Reda, Kepuasan Publik kepada Jokowi Meningkat

Menurut dia, naiknya tingkat kepuasan menunjukkan kebijakan pengendalian Covid-19 yang dipilih pemerintah efektif dalam menekan lonjakan kasus serta berdampak pada pelonggaran kegiatan ekonomi masyarakat.