Tutup Iklan

Buat Poster Kewirausahaan, Mahasiswa UNS Sabet 2 Gelar di Aection 3.0

Mahasiswa prodi Pendidikan Sejarah UNS Surakarta, Fiska Amanda Mulia, menyabet dua gelar pada Poster Competition di gelaran Akmapesa Economic Competition (Aection) 3.0 IPB.

 Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, menunjukkan piala juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Aection 3.0 IPB. (istimewa)

SOLOPOS.COM - Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, menunjukkan piala juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Aection 3.0 IPB. (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kabar baik datang dari mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Sejarah, Fiska Amanda Mulia, menyabet dua gelar, yakni juara 2 dan juara favorit Poster Competition di gelaran Akmapesa Economic Competition (Aection) 3.0 Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lomba tersebut salah satu dari tiga cabang yang diperlombakan di ajang yang digelar tiap tahun. Fiska, sapaan akrabnya, dinyatakan menang melalui poster berjudul “Pentingnya Jiwa Entrepreneurship pada Generasi Milenial dengan Menciptakan Produk Kreatif”.

Poster tersebut dianggap mampu merepresentasikan tema Aection 3.0 yaitu Generasi Kreatif Pembangun Ekonomi Menuju Indonesia Gemilang. Fiska mengaku senang atas raihannya ini. Selain senang karena puas, Fiska mengatakan dapat menyalurkan pemikirannya tentang dunia kewirausahaan yang dia tekuni.

Baca Juga : Menko Airlangga Ajak Anggota ASEAN Membangun Ekonomi Digital

“Perasaan saya Alhamdulillah senang karena bisa menuangkan ide, gagasan, dan harapan dalam sebuah poster. Kebetulan tema posternya sesuai dengan latar belakang saya sebagai seorang wirausaha,” ujar Fiska saat dihubungi tim uns.ac.id, Rabu (13/10/2021).

Mahasiswi asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah tersebut memang sudah menekuni dunia wirausaha sejak 2017 lalu. Dia memiliki usaha di bidang kuliner yakni memproduksi aneka macam bronis.

Kue bronis yang dia beri nama Bronislur itu terbilang cukup sukses bahkan omset meningkatkan di tengah pandemi Covid-19. Usaha tersebut juga mendapat pendanaan dari Program Mahasiswa Wirausaha Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Baca Juga : Selamati Piala Thomas, Jokowi Disinggung Soal Sanksi WADA

Pengalaman sebagai wirausahawan membuatnya tergerak untuk membuat poster ini. Sejumlah informasi, tips, dan trik tentang wirausaha dibeberkan dalam poster buatannya. Dalam poster tersebut, Fiska mengajak generasi milenial untuk menjadi wirausaha dengan memanfaatkan media sosial.

Dengan adanya poster tersebut, Fiska berharap banyak pemuda yang mengikuti jejaknya sebagai wirausahawan. “Harapan saya dari poster ini semakin menambah semangat generasi milenial untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan Republik Indonesia dengan cara menjadi young entrepreneur. Jadi, siapkah kami menjadi generasi milenial yang mengambil bagian untuk mempercepat laju perekonomian Indonesia?” tukasnya.

Kemenangan Perdana

Capaian Fiska kali ini merupakan kemenangan pertamanya di lomba poster. Fiska mengaku telah mengikuti puluhan lomba poster, tapi tidak berhasil mendapatkan predikat. Dengan pantang menyerah dan usaha keras, Fiska akhirnya dapat memenangkan lomba poster kali ini.

Baca Juga : Tumbangkan Wakil China, Anthony Ginting Sempat Degdegan

“Ini kali pertama saya juara lomba poster tahun ini setelah ada 10 kali gagal. Latar belakang saya memang bukan anak seni, jadi bikin poster hanya iseng-iseng. Sehingga saya banyak kalahnya pas ikut lomba poster. Alhamdulillah kali pertama di tahun ini juara lomba poster sekaligus dua kategori, juara 2 dan juara favorit,” pungkasnya.

Kendati demikian, Fiska dikenal sebagai mahasiswa dengan segudang prestasi. Beberapa prestasi Fiska di antaranya juara 1 UMKM Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB), juara 2 Inovasi Bisnis UMKM Berbasis Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan Institut Teknologi Kalimantan.

Selain itu, juara 2 Lomba Infografis Tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Fiska juga menjadi juara 2 Business Plan Competition Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh UNS dan juara 2 Kompetisi Inovasi Digital Tingkat Nasional yang diselenggarakan UNS Fintech Center.


Berita Terkait

Berita Terkini

BNPB: 13 Orang Meninggal, Puluhan Warga Terluka akibat Erupsi Semeru

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengungkapkan erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur hingga Minggu (5/12/2021).

Cerita Wabup Lumajang: Warga Terjebak Erupsi Semeru, Kasihan Pak

BNPB menyiapkan dua unit helikopter untuk kebutuhan evakuasi korban letusan Gunung Semeru dan ada tiga satuan setingkat kompi TNI.

PVMBG: Sebaran Abu Vulkanik Gunung Semeru Bisa Lebih Jauh

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan sebaran abu vulkanik Gunung Semeru bisa lebih jauh dari saat ini.

+ PLUS KND Bisa Mendegradasi Isu Hak Asasi Manusia Menjadi Urusan Sosial

Dalam kenyataan empiris, salah satu kesulitan terbesar selama ini adalah mentransformasikan disabilitas dari isu sosial menjadi isu hak asasi manusia.

10 Berita Terpopuler: Harga Tanah di Solo Baru, Kisah Pilu Novia

Ulasan tentang harga tanah di Solo Baru, Sukoharjo menjadi berite terpopuler di Solopos.com, Minggu (5/12/2021) pagi.

Gunung Semeru Meletus, Waspada Potensi Lontaran Batu Pijar di Puncak

Ada beberapa potensi bahaya akibat Gunung Semeru meletus yang perlu diwaspadai.

Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Jelajahi Semarang

Hari kedua, Minggu (5/12/2021), Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Media Group bersiap mengeksplorasi beragam layanan digital di Prodia dan XL Axiata yang menjadi tulang punggung ekonomi digital di Jawa Tengah.

Gunung Semeru Meletus, Merapi & 2 Gunung Lain Siaga

Peristiwa Gunung Semeru meletus memengaruhi kondisi tiga gunung berapi lain termasuk Merapi yang saat ini berada dalam status siaga.

Inilah Penyebab Gunung Semeru Meletus

Badan Geologi menduga Gunung Semeru meletus akibat curah hujan yang membuat kondisi endapan lava tidak stabil.

Sejarah Hari Ini : 5 Desember 1957, Geger Peristiwa Sinterklas Hitam

Beragam kejadian bersejarah terjadi pada 5 Desember seperti terangkum dalam Sejarah Hari Ini, salah satunya peristiwa Sinterklas Hitam.

Polisi Temukan Bukti Bripda RB dan Korban Dua Kali Aborsi

Polisi temukan bukti aborsi dalam kasus bunuh diri mahasiswi Mojokerto.

Polda Jatim Tahan Bripda RB Terkait Bunuh Diri Novia Widyasari

Polda Jawa Timur menahan Bripda RB terkait kasus bunuh diri mahasiswi Mojokerto.

Jembatan Putus Akibat Lahar Semeru, Jalur Piket Nol Lumajang Ditutup

Jalur lalu lintas yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Malang lewat selatan di jalur Piket Nol ditutup total.

BMKG: Abu Vulkanik Semeru Tak Ganggu Penerbangan di YIA & Adi Soemarmo

BMKG menyebutkan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru sejauh ini belum berdampak pada aktivitas penerbangan di Bandara YIA dan Bandara Adi Soemarmo.

Gunung Semeru Meletus, 8 Penambang Pasir Terjebak Abu Vulkanik

Sebanyak 8 penambang pasir di Kampung Renteng dikabarkan masih terjebak abu vulkanik akibat Gunung Semeru meletus.