SOLOPOS.COM - Logo baterai Android (Dok/JIBI)

Solopos.com, NEW YORK – Android akan membuat teknologi baru untuk membuat baterai ponsel bertahan lama. Teknologi yang dinamai Android Run Time (ART) ini adalah membaruan dari sistem lama bernama Dalvik. Aplikasi ini telah diuji coba oleh pihak pengembang.

Teknoup, Kamis (19/6/2014), Google telah menguji coba ART di platform Android Kitkat. Belum jelas bagaimana hasil pengujian itu. Namun ART dikabarkan jauh lebih efisien dibanding sistem run time lawas bernama Dalvik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sederhananya, aplikasi ini mampu membuat OS bekerja dengan lebih efisien dan efektif. Run time baru tersebut ternyata telah dianggap matang dan belum lama ini diketahui telah dimasukkan ke dalam kode sumber AOSP secara permanen dan akan menggantikan runtime Dalvik pada Android versi berikutnya, apakah itu versi 4.5 atau 5.0.

Berbeda dengan Dalvik yang memakai kompilasi Just in Time, ART akan menggunakan prinsip kompilasi Ahead-Of-Time (AOT) yang akan menjalankan kode sejak awal walaupun belum dibutuhkan.

AOT biasanya melakukan kompilasi kode saat instalasi suatu aplikasi sehingga aplikasi tersebut akan lebih cepat tereksekusi jika dijalankan nantinya karena tidak membutuhkan kompilasi lagi.

Run time ART ini akan meningkatkan kinerja dan ketahanan baterai Android secara umum. Namun demikian ada berbagai aplikasi yang perlu dioptimasi ulang jika runtime baru ini dijalankan secara default nantinya. Aplikasi yang tidak dikompilasi ulang kemungkinan tidak akan berjalan dengan baik ketika dioperasikan di Android versi terbaru nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya