SOLOPOS.COM - Kondisi Kali Sonto di kawasan RT 5, RW II, Jagalan, Solo tercemar limbah penyembelihan hewan dari rumah pemotongan hewan Dinas Pertanian Kota Solo, Jumat (22/6/2012). Pencemaran berupa darah dan kotoran binatang tersebut menimbulkan bau yang tak sedap. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Kondisi Kali Sonto di kawasan RT 5, RW II, Jagalan, Solo tercemar limbah penyembelihan hewan dari rumah pemotongan hewan Dinas Pertanian Kota Solo, Jumat (22/6/2012). Pencemaran berupa darah dan kotoran binatang tersebut menimbulkan bau yang tak sedap. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Warga Kelurahan Jagalan, Jebres, memprotes buangan limbah dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dinas Pertanian (Dispertan) Kota Solo ke Kali Sonto.
Pasalnya limbah berupa darah, kotoran hewan dan dami diduga dibuang begitu saja ke kali tanpa melalui proses pengolahan terlebih dulu. Informasi tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Jagalan, Rosyidi, kepada Solopos.com Jumat (22/6/2012).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Warga menemukan buangan limbah RPH Dispertan ke Kali Sonto ini saat bersih-bersih Kali Sonto dalam program padat karya. Program selama 20 hari ini akan berakhir pekan depan,” katanya.

Menurut Rosyidi saat ini warga sedang melakukan penggalangan tanda tangan memprotes sikap jajaran Dispertan. Pada pekan depan perwakilan warga akan mendatangi Kantor Dispertan untuk menyampaikan sikap mereka.

Anggota Komisi IV DPRD Solo, Umar Hasyim, di Gedung Dewan berjanji dalam waktu dekat akan mengecek kebenaran informasi dari warga ke Kali Sonto. Bila memang limbah bungan RPH Dispertan tidak melalui proses pengolahan terlebih dulu sebelum dibuang ke kali menurutnya sangat disayangkan.

“Wajar bila warga protes. Tapi saya harap dalam penyampaian aspirasi tetap prosedural, tidak anarkhitis. Saran saya perwakilan saja yang datang ke Dispertan,” imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya