SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Salak JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Ilustrasi Salak
JIBI/Harian Jogja/Antara

JOGJA—Harian Jogja kembali menemukan fakta mengejutkan tentang buah. Sejumlah buah lokal ternyata juga mengandung formalin.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Harian Jogja kembali mengambil sampel sejumlah buah lokal yang diambil dari dua tempat yakni supermarket dan warung buah. Buah itu kemudian diperiksakan kandungan formalinnya ke Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) Jogja. Hasilnya, dari 13 sampel buah empat di antaranya terbukti mengandung formalin.

Sampel buah yang diambil dari supermarket adalah apel malang, jambu, jeruk medan, pisang raja, semangka dan melon. Sedangkan yang diambil dari warung buah adalah jambu, apel malang, jeruk jember, salak, pisang emas, melon dan semangka. Buah diujikan pada Rabu (1/5) dan hasilnya keluar Senin (10/5).

Dari tes menunjukkan empat buah positif berformalin yakni salak (warung buah), melon (warung buah) dan dua jambu (supermarket dan warung buah).

Pengujian dilakukan dengan metode destilasi dan reaksi. Yakni dengan menyuling buah serta melihat reaksi setelah diberi sejumlah zat.

Balai Laboratorium Kesehatan menegaskan uji formalin sudah dilakukan dengan baik.
”Laboratorium melakukan pengujian dengan jaminan mutu pengujian dan standar yang jelas,” kata Manager Mutu BLK Jogja, Yanti Purwaningsih, kemarin.

Standar yang dimaksud adalah dengan melakukan uji pembanding terhadap sampel.
Temuan ini melengkapi pengujian yang dilakukan Harian Jogja beberapa waktu lalu yang menemukan kandungan formalin di sejumlah buah impor. Pada April 2013 lalu koran ini juga melakukan uji tes terhadap 13 sampel buah impor.

Dari jumlah itu hanya satu yang negatif formalin yakni jeruk. Sisanya, yakni 12 sampel baik yang diambil dari kios buah maupun supermarket semuanya positif mengandung zat yang biasa digunakan untuk pengawet mayat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya