BTS Digandeng Unicef Lagi, Kampanye Setop Kekerasan Terhadap Anak
BTS. (Allkpop)

Solopos.com, JAKARTA–BTS digandeng Unicef lagi untuk mengkampanyekan gerakan setop kekerasan terhadap anak. Unicef sepakat untuk memperpanjang kemitraan dengan boyband K-pop BTS dalam kampanye Love Myself hingga 2022.

Pengumuman tentang BTS digandeng Unicef  lagi disampaikan Direktur Eksekutif Unicef Korea, Lee Key Cheol, melalui video berdurasi sekitar 12 menit yang diunggah di kanal YouTube BTS.

Ia mengenang saat BTS berpidato kali pertama di Markas PBB pada 24 September 2018, sekitar setahun setelah mereka menjalin kerja sama untuk mengampanyekan Love Myself. Setelah mendengar pidato leader BTS, RM, seorang diplomat senior mendekatinya dan berkata bahwa Korea Selatan membuat dua pencapaian terbesar dalam 60 tahun terakhir.

Baca Juga: Ada Penipuan Vaksinasi Covid-19 Berbayar, Begini Modusnya

“Pertama adalah demokrasi dan pembangunan ekonomi, dan kedua adalah menelurkan BTS,” ujar Lee dalam video yang diunggah pada Jumat (5/3/2021).

Pernyataan itu, sambung Lee, membuatnya memahami bagaimana kuatnya dampak, harapan, dan pengaruh positif BTS pada dunia. “Di bawah kemitraan baru ini, mari kita membayangkan kembali masa depan lebih baik untuk semua anak dan membuat dunia lebih baik untuk semua anak,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Eksekutif Unicef, Henrietta Fore, tentang alasan mengapa BTS digandeng Unicef lagi.

Ia menyatakan selama empat tahun terakhir, kampanye Love Myself yang disuarakan BTS telah membantu banyak anak muda untuk berbicara terbuka tentang kekerasan dan perundungan yang dialami. “Dan mendorong cinta dan kasih sayang,”paparnya seperti dikutip dari Liputan6.com.

Merespons pengumuman tersebut, masing-masing personel BTS, kecuali Suga, mengungkap pendapat dan pengalaman mereka terkait kampanye Love Myself. Jin, misalnya, mengaku saat kampanye itu diluncurkan, ia harus jadi yang pertama yang mengikutinya.

“Belajar Love Myself membuat saya senang dan percaya diri, memahami bagaimana berharganya orang-orang di sekitar saya sehingga lebih tulus untuk berhubungan dengan yang lain,” ucapnya.

Baca Juga: Wah Keren! 4 Artis K-Pop Ini Taat Bayar Pajak Loh

Melalui kemitraan, sebagian hasil penjualan album BTS bertajuk Love Yourself didonasikan untuk mendukung Unicef. Melansir laman Allkpop.com, grup tersebut juga bekerja sama dengan Unicef untuk mempromosikan kampanye Love Myself lewat merchandise eksklusif. Total US$2 juta didonasikan untuk Unicef sebelum kesepakatan baru dibuat.

Lalu bagaimana bentuk kerja sama saat BTS digandeng Unicef untuk kampanye ini?

Dalam kesepakatan baru ini, BTS, agensi mereka, Big Hit Entertainment, dan Komite Korea untuk Unicef merancang kesepakatan bisnis multilateral untuk kemitraan strategis. Tujuannya untuk menggalang donasi dan mempromosikan setop kekerasan dalam tagar #ENDviolance.

Baca Juga: Grammy Awards 2021 Digelar, Ini Bocoran Para Nomine

Kampanye global yang diinisiasi Unicef itu sebenarnya sudah bergulir sejak 20 November 2013, sekaligus untuk memperingati Hari Anak Internasional. Tujuannya adalah menjadikan kesadaran baru tentang dampak kekerasan pada anak terhadap individu dan masyarakat. Kampanye dipandang penting karena masih tingginya angka kekerasan terhadap anak, serta rendahnya kesadaraan terhadap pemenuhan hak-hak anak.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom