Tutup Iklan

BTPN Dianggap Paling Bertanggung Jawab atas Bobolnya Kasda Semarang

Terdakwa kasus pembobolan dana Kas Daerah (Kasda) Kota Semarang senilai Rp26,7 miliar, Dody Kristyanto, menilai Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) yang paling bertanggung jawab atas terjadinya tindak pidana tersebut.

BTPN Dianggap Paling Bertanggung Jawab atas Bobolnya Kasda Semarang

SOLOPOS.COM - Terdakwa kasus pembobolan Rp26,7 miliar dana kas daerah Kota Semarang, Dody Kristyanto, menjalani sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (26/6/2019). (Antara-I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Terdakwa kasus pembobolan dana Kas Daerah (Kasda) Kota Semarang senilai Rp26,7 miliar, Dody Kristyanto, menilai Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) yang paling bertanggung jawab atas terjadinya tindak pidana tersebut.

“Ada peran pimpinan BTPN yang tidak pernah menginformasikan tentang pergantian personal banker yang mengurusi masalah penyimpanan dana kasda,” kata Dody saat menyampaikan pembelaan atas tuntutan jaksa dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (26/6/2019).

Menurit dia, pimpinan BTPN tidak pernah menyampaikan pemberitahuan tentang pergantian Diah Ayu Kusumaningrum sebagai personal banker yang mengurusi simpanan Pemerintah Kota Semarang di bank tersebut. Ia menjelaskan selama tidak ada pemberitahuan resmi dari BTPN, maka personal banker yang ditugaskan sejak awal merupakan orang yang sah bertugas.

“Hal itu berlaku untuk semua bank yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang,” katanya dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Antonius Widjantono itu.

Selain itu, Dody juga meyakini dana kas daerah yang disetorkan telah masuk ke rekening di BTPN karena telah memperoleh bukti setor yang sudah dicap dan diparaf oleh pegawai BTPN. Dengan demikian, lanjut dia, setelah penyerahan di kantor UPTD Kas Daerah maka menjadi tanggung jawab pihak bank.

Dari fakta sidang yang terungkap, menurut dia, hilangnya dana kasda ini bukan hanya tanggung jawab dirinya sebagai Kepala UPTD Kas Daerah. Ia menambahkan fakta sidang juga tidak menunjukkan adanya perbuatan bersama-sama antara dirinya bersama dengan Diah Ayu dalam melakukan tindak pidana tersebut.

Oleh karena itu, Dody meminta hakim memberikan putusan yang seadil-adilnya dalam perkara ini. Sebelumnya diberitakan, mantan Kepala UPTD Kas Daerah Kota Semarang Dody Kristyanto dituntut hukuman empat tahun penjara dalam kasus hilangnya dana kas daerah Pemerintah Kota Semarang yang seharusnya tersimpan di BTPN senilai Rp26,7 miliar.

Terdakwa dinilai terbukti bersalah melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kerugian negara dalam perkara tersebut mencapai Rp21,7 miliar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.