SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Bengawan Solo Travel Mart (BTM) 2013 siap digelar di Hotel Sahid Jaya Solo, Jumat-Senin (26-29/4/2013). Penyelenggara berharap pertemuan bisnis antara pembeli dan penjual potensi pariwisata Soloraya itu bisa mencetak paling tidak 75 transaksi.

Ketua Panitia BTM 2013, Prie Siswanto, menjelaskan BTM 2013 akhirnya diikuti 66 buyer dan 50 seller.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dari jumlah buyer tersebut, maka paling tidak kami berharap minimal ada 75 transaksi. Tanpa memperhitungkan berapa nilai transaksi, tapi kami berharap minimal satu buyer dan satu seller bisa mencetak satu transaksi,” kata Prie, kepada wartawan, di Hotel Sahid Jaya Solo, Selasa (23/4/2013).

Selain itu, tidak menutup kemungkinan pula bahwa sejumlah seller sudah menyiapkan harga khusus jika ada transaksi langsung saat pertemuan bisnis tersebut.

Dia mengatakan buyer BTM 2013 ini kebanyakan travel agent dari domestik. Seperti Sumatera, Kalimantan, Bali, Lombok, Jawa Barat, Jawa Timur dan beberapa dari Malaysia dan Brunei.
Diakuinya, penyelenggaraan BTM 2013 yang berdekatan dengan travel mart di Bandung, Jogja dan Majapahit Travel Mart, sedikit banyak memengaruhi jumlah buyer yang ikut di BTM 2013.
Tapi, dia optimistis, buyer yang ikut dalam BTM kali adalah buyer potensial yang benar-benar ingin menjual Solo.

Ada yang berbeda dalam konsep penyelenggaraan BTM kali ini. Agenda bisnis meeting akan dilakukan di hari terakhir BTM 2013. Sehari sebelum pertemuan bisnis, buyer akan mengikuti city tour, untuk mengetahui terlebih dahulu potensi pariwisata yang ada di Solo dan sekitarnya.
City tour akan digelar Sabtu (27/4/2013). BTM 2013 akan mengajak buyer berkeliling Kota Solo dengan menggunakan sepeda onthel. “Kami ingin menawarkan konsep yang berbeda dari BTM sebelumnya, yang banyak memperkenalkan Sepur Kluthuk Jaladara atau bus tingkat Werkudara.” Ada beberapa rute strategis yang bakal dilalui dalam agenda itu. Setelah bersepeda onthel, buyer akan diajak berwisata ke Candi Sukuh dan Cetho. Dan pada malam harinya, digelar royal dinner di Keraton Kasunanan Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya