SOLOPOS.COM - Aplikasi BSI Mobile (Solopos.com - Damar Sri Prakoso)

Solopos.com, SOLO – Jumat (13/8/2021) selepas azan Isya, hujan deras mengguyur wilayah Solo utara. Situasi itu di luar dugaan Zhahira sebelumnya.

Awalnya, warga Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, itu berencana untuk silaturahmi ke rumah temannya sekalian membayar utangnya tempo hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun rencana itu akhirnya diurungkan. Kadung janji untuk mengembalikan uang pada hari itu, perempuan muda itu lantas mengambil ponselnya. Sejurus kemudian, dibukanya aplikasi Bank Syariah Indonesia (BSI) Mobile. Ia pilih fitur transfer. Lalu segera menyelesaikan urusannya. Dalam hitungan detik, transaksi itu berhasil dituntaskan.

Fitur dalam BSI Mobile (Solopos.com – Damar Sri Prakoso)

“Memang semudah itu. Apalagi dalam situasi kayak gini, BSI Mobile sangat membantu. Pada saat-saat tertentu, saya juga beli kuota Internet dari sini. Untuk urusan-urusan lainnya prosesnya juga cepat dan enggak ribet. Cukup dari rumah, lewat HP, tinggal pilih fitur yang kita butuhkan, semua urusan lancar,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat.

Ekspedisi Mudik 2024

Kemudahan dalam bertransaksi juga dirasakan Indah Kurniawati. Sudah sejak 2014 ia menjadi nasabah BRI Syariah. Bekerja di salah satu sekolah swasta di Kota Solo, ia dan semua guru/karyawan sekolah itu memang diwajibkan mempunyai rekening tabungan BRI Syariah untuk keperluan pembayaran gaji tiap bulan. Dengan fasilitas mobile banking, ia mudah mengecek transaksi uang masuk atau keluar.

Hingga pada akhirnya harus migrasi ke BSI, Indah bersama para guru/karyawan sekolah itu juga migrasi massal dari BRI Syariah ke BSI. Hampir semua transaksi keuangan kemudian ia lakukan lewat mobile banking. Apalagi di masa pandemi Covid-19, mobilitas warga masyarakat terbatasi dan intensitas tatap muka dengan pihak lain menjadi sangat jauh berkurang.

“Biasanya setelah gaji masuk rekening, langsung dipos-poskan sesuai skala prioritas. Untuk bayar sekolah anak, bayar angsuran, dan kewajiban-kewajiban lainnya. Itu semua pakai mobile banking BSI Mobile. Lebih praktis dan tidak berisiko harus datang ke beberapa tempat, belum lagi kalau harus antre,” ujar Indah.

Warga berinfak melalui ATM BSI. (Solopos.com – Damar Sri Prakoso)

Pada saat membutuhkan uang cash, warga Serengan, Solo, Jawa Tengah, ini menyempatkan diri untuk mampir ke gerai ATM BSI terdekat. Selepas mengambil uang tunai, tak lupa ia berinfak melalui ATM BSI. “Ini kan bank syariah terbesar. Saya percaya saja dengan pengelolaan ZISWAF-nya,” imbuhnya.

Sementara itu, Nurhidayati, 60, mengaku menyukai fitur-fitur islami yang ada di BSI Mobile seperti juz amma, asmaul husna, dan kalimat inspiratif yang selaras dengan kebutuhan spiritualnya. “Dulu saya nasabah BNI Syariah, sekarang ngikut BSI. Pas waktu luang, saya buka-buka [BSI Mobile] untuk baca-baca layanan islami,” kata warga Ngringo, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, ini.

Dalam Press Conference Virtual Kinerja Triwulan II 2021 BSI, Jumat (30/7/2021), Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyatakan volume transaksi kanal digital BSI tumbuh signifikan sepanjang triwulan kedua 2021.

Hingga Juni 2021, nilai transaksi kanal digital BSI sudah menembus Rp95,13 triliun. Kontribusi terbesar berasal dari transaksi melalui layanan BSI Mobile yang naik 83,56 % secara yoy (year on year). Jika diperinci, sepanjang Januari-Juni 2021, volume transaksi di BSI Mobile mencapai Rp41,99 triliun.

Diakuinya, jumlah tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 109,82% secara yoy. Hal ini didorong oleh jumlah user mobile banking yang menembus 2,5 juta pengguna. Kinerja impresif itu membuat PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) membukukan laba bersih sebesar Rp1,48 triliun, naik 34,29% secara yoy. Pada semester I tahun lalu, BSI mencatat perolehan laba bersih sebesar Rp1,1 triliun.

“Digital [banking] itu keniscayaan dan tak bisa ditolak atau dilawan. Mobile banking ini akan jadi ajang pertarungan. Maka dari itu, solusi digital BSI menghadirkan beyond banking service experience in one hand. BSI terus berinovasi mengembangkan SuperApps menyediakan seluruh layanan perbankan dalam satu genggaman. Layanan transaksi dana, pembiayaan, dan layanan islami. Untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat baik finansial, sosial, maupun spiritual dalam satu genggaman,” kata dia.

Direktur Information Technology BSI Achmad Syafii menyatakan user mobile banking didominasi kalangan milenial.

“Apalagi kami juga memberikan banyak kemudahan. Inisiatif digital banking BSI dimulai dari pembukaan rekening secara seamless, tanpa perlu ke kantor cabang. Cukup selfie, enggak pakai lama. Dan setelah itu juga nasabah sudah bisa transaksi secara lengkap, termasuk tarik tunai tanpa kartu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya