SOLOPOS.COM - Sebuah mobil pikap yang diparkir di pinggir Jl. Hasanudin Purwosari, Laweyan, Solo, tertimpa pohon beringin yang tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang, Sabtu (14/5/2022) sore. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Satu unit mobil pikap tertimpa pohon tumbang di Jl. Hasanudin Purwosari, Laweyan, saat hujan deras yang kembali mengguyur Kota Solo pada Sabtu (14/5/2022) sore.

Kejadian pohon tumbang tepatnya di dekat rel kereta api Jl Hasanudin. Pohon beringin cukup besar roboh dan menimpa sebuah mobil pikap berpelat nomor AD 9641 KA yang parkir di pinggir jalan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Batang pohon beringin juga menutup badan Jl. Hasanudin, Laweyan, Solo sehingga pengguna jalan dialihkan ke jalur lainnya. Petugas BPBD Solo bersama sukarelawan tanggap bencana mengevakuasi batang pohon tersebut.

Seorang petugas ditempatkan di jalur masuk Jl. Hasanudin di Simpang Empat Purwosari untuk mengalihkan pengendara motor dan mobil yang akan masuk. Petugas yang sama ditempatkan di ujung berlawanan ruas jalan tersebut.

Sekretaris BPBD Solo, Heri Sutoyo, saat diwawancara wartawan di sela pemantauan evakuasi pohon beringin yang tumbang di Jl. Hasanudin, menuturkan ada tiga lokasi dilaporkannya pohon tumbang.

Baca juga: Pengumuman, Jembatan Jurug A Solo Bakal Dibongkar Tahun Ini

Kendati ada sejumlah pohon tumbang di tiga lokasi, namun sejauh ini tak ada korban jiwa dan luka dalam kejadian Sabtu sore tersebut.

“Ada tiga lokasi kejadian pohon tumbang, di sini [Purwosari], di dekat SMAN 8 Solo dan di Kerten. Yang di sini tidak ada korban jiwa atau luka. Untuk dua lokasi yang lain saya belum mendapat laporan lebih mendetail,” terang dia.

Ihwal tumbangnya sejumlah pohon sore itu menurut Heri dipicu hujan deras disertai angin kencang yang melanda Solo, pada Sabtu sore.

“Tadi hujan cukup deras disertai angin dan petir sekitar satu hingga dua jam. Alhamdulillah sudah kondusif,” urai dia.

Baca juga: Tak Kantongi SKKH di Pasar Bekonang, Pedagang Sapi Bakal Diminta Pulang

Mobil pikap yang tertimpa pohon beringin di Jl. Hasanudin menurut Heri sedang diparkir pemiliknya, sehingga tak ada korban luka. “Pohon menimpa mobil pikap yang kebetulan sedang diparkir,” kata dia.

Diperkirakan kondisi cuaca ekstrem yang melanda Solo beberapa hari terakhir masih akan berlangsung hingga beberapa waktu ke depan. Untuk itu masyarakat yang sedang beraktivitas di luar rumah diminta untuk selalu waspada.

Apalagi sejumlah pohon yang tumbang diketahui kondisinya sebenarnya masih bagus atau tidak lapuk. “Kondisi pohon yang tumbang di sini sebenarnya masih bagus, tidak lapuk. Ya lebih karena hujan dan angin kencang,” imbuh dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya