Siap-Siap! BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri Meluncur 2023

Bus BRT Trans Jateng akan mengaspal di rute Solo-Sukoharjo-Wonogiri pada 2023 mendatang. Ini akan menjadi koridor ketujuh bus yang dikelola Dishub Jateng itu.

 Penumpang naik ke BRT Trans Jateng di Terminal Tirtonadi Solo, Selasa (3/11/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Penumpang naik ke BRT Trans Jateng di Terminal Tirtonadi Solo, Selasa (3/11/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah akan menambah koridor Bus Rapid Transit atau BRT Trans Jateng dengan rute Solo-Wonogiri mulai 2023. Bus ini berjalan dengan rute Terminal Tirtonadi Solo-Sukoharjo-Terminal Tipe C Wonogiri.

“Iya betul. Itu koridor baru ya,” tutur Kasi Sarana dan Prasarana Dishubprov Jateng, Tatas Euxguwin, mengenai bus Trans Jateng rute Solo-Wonogiri, Senin (4/7/2022).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Penambahan koridor tersebut semakin memperluas rute yang ditempuh BRT Trans Jateng. Saat ini, sudah ada enam koridor Trans Jateng. Dilansir dari jatengprov.go.id, saat ini BRT Trans Jateng sudah memiliki enam koridor dengan total 98 unit armada.

Koridor tersebut yakni rute Semarang-Bawen, Purwokerto-Purbalingga, Semarang-Kendal, Purworejo-Magelang, Solo-Sumberlawang (Sragen), dan Semarang-Grobogan. Tatas mengatakan koridor Solo-Wonogiri tersebut akan menjadi koridor ketujuh BRT Trans Jateng.

“Ya kalau se-Jawa Tengah koridor ketujuh ya,” imbuhnya. Penambahan koridor Solo-Wonogiri tersebut rencananya direalisasikan pada 2023. Ada pun gambaran umum rutenya adalah Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Sukoharjo, dan Terminal Tipe C Wonogiri.

Baca Juga: Kisah Mekanik Bus Bumel di Wonogiri, Organ Dalam Rusak di Usia Senja

“Rencana 2023 betul. Jadi berangkat dari Terminal Tirtonadi Solo, kemudian lewat Sukoharjo. Baru terakhir di Wonogiri. Sampai Wonogirinya Terminal C deket Pasar Wonogiri itu,” tutur Tatas.

Terkait jumlah unit BRT, jumlah stop point, jumlah halte, rambu dan lainnya, Tatas mengatakan untuk BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri masih dalam proses pematangan detailed engineering design (DED). Nantinya, DED akan menjadi menggambarkan lebih terperinci dan lengkap.

Pematangan DED

DED direncanakan selesai pada September 2022 mendatang. “Untuk menentukan berapa halte yang disiapkan di Solo berapa, Sukoharjo berapa, Wonogiri berapa, unitnya berapa belum. Cuma kalau koridornya sudah bisa. Karena nanti kita lanjutkan DED-nya lagi baru September,” jelasnya.

Baca Juga: 27 Tahun Ngaspal Jalanan, Sopir Bus Bumel Setan Wonogiri Tetap Setia

Tatas menambahkan gambaran umum penambahan koridor BRT Trans Jateng sudah ada. Namun perlu lokalisasi lagi khusus untuk koridor terbaru. Termasuk desain halte, mesin dan aplikasi pembayaran, tarif, dan lainnya.

“Nanti gambaran kasar sudah ada. Cuma akan kami fokuskan ke DED yang khusus rute itu, role model-nya seperti apa. Termasuk desain halte dan sebagainya,” ujarnya.

Kepala Balai Transportasi Jawa Tengah, Joko Setyawan, mengatakan saat ini BRT Trans Jateng mampu menggeser 46 persen orang yang tadinya menggunakan kendaraan pribadi menjadi penumpang angkutan umum.

Baca Juga: Sepi Penumpang, Kru Bus Bumel Solo-Wonogiri Kudu Setoran Rp1 Juta/Hari

“Selain itu kami sudah sering melakukan survei secara periodik terakhir tahun 2021 dengan 1.412 responden. Dari sana kami mendapatkan ada sekitar 46 persen orang yang tadinya menggunakan kendaraan pribadi beralih ke transportasi umum. Ini menjadi jawaban merubah cara pandang masyarakat,” paparnya seperti dikutip laman jatengprov.go.id, Senin (18/4/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.